Panduan wisata transit di Colombo, Srilanka

Panduan wisata transit di Colombo, Srilanka

Memanfaatkan waktu transit selama 23 jam di Colombo dalam perjalanan umroh, akhirnya kami capai bucket list untuk mengunjungi Red Mosque atau Masjid Jamiul Alfar yang berada di pusat kota Colombo.

Landing jam 17.30 di Airport Bandaranaike atau Katunayake atau Colombo International Airport kami langsung menuju counter transit. 

Berikut prosedur pengurusan Visa On Arrival di Colombo International Airport :

  • Isi form arrival yang bisa di dapatkan di dalam pesawat melalui crew atau di terminal kedatangan
  • melapor ke counter Srilankan Air untuk meminta bantuan sewa hotel. 
  • Jika sudah melakukan booking hotel sendiri, tidak perlu ke counter Srilankan Air dan bisa langsung ke counter transit dengan menyerahkan passport, boarding pass dan bukti booking hotel
  • Petugas transit akan membuat notes pada lembaran kecil yang dimasukan ke dalam passport. Selanjutnya akan dipersilakan menuju antrian imigrasi.
  • Serahkan passport, boarding pass, form arrival & bukti booking hotel di Colombo.
  • Passport dicap dan kita bisa langsung keluar untuk mencari transportasi ke pusat kota

Biaya Visa Transit :

FREE

Atau bisa juga mengurus e-visa sebelum keberangkatan.

Detail biaya Visa Srilanka

Image.jpeg

Transportasi di Colombo

Taxi airport ke city center : 

3.000 srilankan rupees (incl toll 300 rupee). 

1 rupee = Rp. 80

Notes : Kendaraan yang digunakan oleh counter taxi bukanlah mobil taxi namun sepertinya mereka order taxi online dan mengambil tambahan biaya untuk fee mereka.

Saran saya, download aplikasi taxi online PickMe agar bisa melakukan order langsung tanpa charge tambahan dari agen taxi.

Tarif Taxi dari city center ke airport menggunakan PickMe :

1.700 rupee + toll 300 rupee (biaya tol dibayar terpisah pada saat masuk pintu tol)

Makanan Halal di Colombo

Walaupun Muslim merupakan masyarakat minoritas di Colombo, cukup banyak terlihat restoran halal. Kami memilih menginap di hotel dekat masjid agar mudah memperoleh makanan halal.

Hotel yang kami pilih adalah Port view city hotel dengan harga 6.000 rupee per malam. Hotel ini merupakan yang terdekat dengan Masjid Merah objek wisata yang akan kami kunjungi besok pagi yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Terdapat beberapa restoran kecil atau warung lokal yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari hotel. 

Harga makanan di warung biasa (restoran local) = 200-400 rupee per orang. Hampir sama dengan harga makan di Indonesia.

City Tour Colombo

Tidak banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di Colombo. Kami menggunakan tuk tuk (bajai) keliling kota dengan biaya 1.000 rupee selama 1 jam. Objek yang dikunjungi antara lain :

  • Masjid merah, 
  • clock tower, 
  • lake beira, dan 
  • lotus tower

Tuk tuk di kota Colombo ini semua bertuliskan Taxi, dengan cat warna warni meriah. Masyarakat Srilankan banyak yang bisa berbahasa Inggris termasuk supir Tuk Tuk, jadi bahasa tidak terlalu menjadi kendala.

Hotel di Colombo

Hotel berbintang cukup banyak di kota Colombo. Jika ingin memilih hotel berbintang, saya sarankan pilihlan yang berada di dekat lake beira dengan pemandangan Lotus Tower. 

Colombo merupakan kota kecil, semua objek wisata lokasinya cukup berdekatan. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Masjid Merah, tidak ada masalah memilih hotel yang tidak terlalu dekat masjid. Ongkos taxi online PickMe atau Tuk Tuk juga tergolong murah. Kondisi jalan raya juga tergolong lancar tidak macet seperti Jakarta.

Review Port view city hotel

Hotel bintang 3 ini berada di jalan yang cukup sibuk, lingkungan tidak terlalu nyaman dan banyak truk parkir dipinggir jalan yang memuat drum berisi oli karena kiri kanan jalan banyak toko oli.

Hotel memilik lift. Kamar ukurannya cukup kecil menurut pendapat saya harga yang mereka kenakan terlalu tinggi dengan ukuran kamar sekecil itu.

Satu-satunya alasan kami memilih hotel tersebut adalah karena bisa berjalan kaki ke masjid merah. Pertimbangan ini penting karena kami sama sekali belum punya gambaran tentang transportasi di colombo dan seberapa besar dan sibuk kota ini. Jadi untuk amannya objek wisata utama harus walking distance dengan hotel. 

Tips Berkunjung ke Red Mosque Colombo

  • Terdapat 2 pintu masuk masjid, pintu bagian pasar (jalan sempit) digunakan sebagai pintu utama untuk akses masuk jamaah laki-laki yang ingin shalat. Sedangkan pintu gerbang besar yang berada di jalan raya digunakan untuk pintu akses wanita dengan mengikuti jadwal kunjungan yang telah ditentukan.
  • Untuk laki-laki muslim, tidak ada aturan waktu jika berkunjung untuk menunaikan shalat di Masjid.
  • Khusus hari Jumat, lantai rooftop masjid dibuka untuk laki-laki.
  • Opening hours untuk turis dan wanita : 09.00-17.00. Namun kondisi realnya baru bisa masuk pukul 09.30.
  • Jika Anda wanita, hindari berkunjung di hari Jumat karena pintu akses ruang wanita ditutup dan hari pada Minggu ada kegiatan bersih-bersih area pintu masuk wanita.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button