Naik Gunung Serasa Piknik di Puncak Gunung Prau

Naik Gunung Serasa Piknik di Puncak Gunung Prau

Memanfaatkan libur panjang 17 Agustus 2018 lalu kami menyusun rencana melakukan pendakian Gunung Prau di kawasan Dieng Jawa Tengah. Berangkatlah dengan 3 orang rombongan saya, suami dan si bungsu Deanna yang masih berusia 10 tahun dengan waktu tempuh sekitar 8 jam dari Bekasi.

Kami akan memulai pendakian melalui basecamp Patak Banteng yang katanya merupakan jalur tercepat untuk sampai ke puncak. Sesampainya malam hari di Patak Banteng langsung menuju basecamp untuk melakukan pendaftaran agar besok bisa langsung melakukan pendakian. Setelah melakukan pendaftaran kami mencari homestay yang memiliki parkir mobil di sebelah Indomaret yang bernama Homestay Seribu Bukit. Suhu sangat dingin pada malam hingga pagi hari, bisa mencapai 3 celius di musim kemarau saat ini. Beruntung kami sudah persiapkan baju thermal untuk mengatasi dingin dan dilapisi dengan jaket winter lengkap dengan sarung tangan dan selimut untuk tidur.

Pagi hari sebelum melakukan pendakian kami mencari penyewaan peralatan camping lengkap untuk di atas gunung seperti Tenda berikut lampu, matras & sleeping bag, kompor & gas berikut carrier untuk mengangkut semua perlengkapan. Berhubung kami ingin melakukan pendakian santai tanpa beban dan agar Deanna nyaman melakukan pendakian maka kami menyewa 2 orang porter. 1 orang untuk membawa peralatan camping berikut logistik sekaligus akan bertugas memasak selama camping, dan 1 orang porter untuk membawakan jaket-jaket tebal serta makanan ringan yang hanya bertugas mengantar dan menjemput kembali besok harinya. Beban maksimum masing-masing porter sudah ditetapkan seberat 20kg.

Masih di dekat basecamp kami sudah disuguhi Ā pemandangan indah ladang terasering dan bunga bermekaran di desa Patak Banteng

Pemandangan Ladang indah sebelum memulai pendakian
Pemandangan Ladang indah sebelum memulai pendakian

Pemandangan sepanjang pendakian sangat indah yang memperlihatkan bukit-bukit yang dipenuhi dengan ladang terasering, pemandangan kota dieng dan juga telaga warna terlihat jelas dan indah selama perjalanan. Jalur pendakian cukup teduh karena dikelilingi dengan pepohonan pinus sepanjang perjalanan.

Pemandangan di dekat basecamp Patak Banteng
Pemandangan di dekat basecamp Patak Banteng

Jika inginĀ menghemat waktu dan tenaga, dari basecamp ke Pos 1 tersedia jada ojek Rp. 20 ribu/orang. Dari Pos 1, langsung disambut dengan tanjakan tinggi dengan tangga curam terbuat dari tanah liat.Ā 

Pemandangan ladang terasering dan gunung sumbing di atas Pos 1
Pemandangan ladang terasering dan gunung sumbing di atas Pos 1

Bagi pendaki pemula tidak perlu khawatir, sepanjang perjalanan terdapat beberapa warung untuk beristirahat yang menjual minuman, buah segar seperti semangka dan melon potong, gorengan tahu dan tempe serta cemilan lainnya. Toilet juga terdapat tersedia di warung.

Untuk pendaki terlatih dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak. Kami yang melakukan pendakian bersama anak 10 tahun membutuhkan waktu 3,5 jam karena harus sering istirahat.

Pemandangan telaga warna dalam perjalanan ke puncak gunung Prau
Pemandangan telaga warna dalam perjalanan ke puncak gunung Prau

Sesampai di puncak Prau waktu masih pukul 4 sore, kami pilih posisi tenda yang menghadap langsung ke gunung Sindoro dan Sumbing. Sementara porter memasang tenda, kami manfaatkan waktu dengan menikmati keindahan pemandangan spektakuler di puncak gunung.

Menikmati bunga Daisy bermekaran di puncak gunung Prau
Menikmati bunga Daisy bermekaran di puncak gunung Prau

Semakin sore, langit mulai memerah menambah cantiknya pemandangan barisan gunung yang terlihat dari puncak Prau.

Gunung Sindoro & Sumbing berbalut awan putih
Gunung Sindoro & Sumbing berbalut awan putih

Jasa porter yang kami sewa termasuk jasa masak selama camping sehingga waktu kami bisa dimanfaarkan penuh untuk menikmati keindahan alam di puncak Prau. Masakan porter juga lumayan enak dan alhamdulillah dapat porter yang baik. Arief si porter sangat perhatian kepada putri kami dan setiap saat menawarkan membuatkan makanan enak untuk Deanna seperti sop baso sosis, pizza mie, hot chocolate, puding moca dan gorengan. Camping jadi serasa piknik deh😄😍

Piknik dan santai di puncak gunung Prau
Piknik dan santai di puncak gunung Prau

Besok paginya tanggal 17 Agustus para pendaki banyak yang membawa bendera merah putih. Sambil menanti upacara kami menikmati pemandangan marahari terbit di balik barisan gunung yang terlihat sangat indah.

Indahnya sunrise di puncak Gunung Prau

Alhamdulillah.. puas banget melakukan pendakian ini yang merupakan pengalaman camping dan mendaki gunung pertama bagi keluarga kami. Lelah? Pasti! Kapok? Ngga doong.. justru Deanna menjadi ketagihan ingin camping dan mendaki gunung lagi😍😄

Berikut beberapa info penting yang dapat membantu memberikan gambaran sebelum melakukan pendakian :

Tempat memulai pendakian

  1. Basecamp Patak BantengĀ 
  2. Basecamp Dieng Kulon
  3. Basecamp Wates
  4. Basecamp Kalilembu

Tarif pendakianĀ 

WNI : Rp. 10 ribu/ orang

 

Penyewaan Tenda & perlengkapan campingĀ 

Terdapat banyak tempat penyewaan tenda dan peralatan camping di sekitar basecamp. Tarif hampir sama, rata-rata Rp. 200 ribuan untuk peralatan lengkap seperti tenda, kompor, ransel gunung, sleeping bag dan lampu tenda untuk kapasitas 3-4 orang.

Kami menggunakan jasa Sagar Matha Rent Outdoor Gear yan berada di luar basecamp patak banteng.

Contact Mamat : 0815 55833303, 082220462827, 085728010124

Jasa porter

Saat ini pendaki yang tidak kuat membawa beban berat pada saat mendaki sangat dimudahkan dengan adanya jasa porter di Gunung Prau. Tugas mereka selain mengangkut peralatan camping dan logistik (maksimal 20kg/ porter) juga sekaligus bertugas sebagai guide dan tukang masak selama camping (biasanya 2x masak yaitu malam dan pagi). Untuk bahan masakan bisa kita beli sendiri atau minta bantuan porter belanja sebelum pendakian.

Tarif porter bermalam : Rp.350 ribu

Tarif porter antar dan jemput barang saja : Rp.250 ribu

Contact Porter :

Arief : 0813 17978339

Mamat : 0815 55833303

Perlengkapan Pendakian bagi yang camping :

  • Hindari menggunakan celana berbahan jeans karena akan menyerap suhu dingin pada saat di puncak.
  • Suhu di puncak sangat dingin pada malam hari berkisar 5 hingga minus 5 celcius. Gunakan baju thermal (long john) plus jaket winter, kupluk dan sarung tangan
  • Bawa air minum sesuai kebutuhan karena di puncak tidak ada mata air
  • Pastikan batre hp dan camera terisi full sebelum naik, jika perlu bawa power bank. Sayang jika tidak bisa mengambil foto bagus karena batre habis. Tidak ada sinyal selluler di puncak gunung
  • setelah Pos 2, warung sudah tidak ada lagi sampai ke puncak. Toiletpun sudah tidak ada. Selama camping memanfaatkan toilet alam. Pastikan tissue basah bekas pakai dibuang di kantong sampah dan dibawa kembali ke bawah.

Pemandangan di Puncak Prau

  • pemandangan dengan gunung tertutup awan, dengan efek foto seperti negeri di atas awan dapat diperoleh pada sore hari.
  • Pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing yang bersih tanpa awan, menghasilkan foto yang indah. Biasanya diperoleh pada pagi hari.
  • Hamparan bunga daisy warna warni dengan latar belakang puncak gunung Sindoro dan Sumbing
  • Saat sunrise dan sunset akan memperoleh pemandangan langit keemasan di atas deretan pegunungan menghasilkan pemandangan yang indah

Penginapan (Homestay)

  • Homestay Seribu Bukit (contact : 0852 25861015)

Posisi persis di sebelah Indomaret Patak Banteng, dan cukup dekat dari basecamp. Bagi yang bawa mobil terdapat parkir mobil di halaman homestay.Ā 

Harga Sewa Rp. 150 ribu/ malam dengan kapasitas kasur double untuk 2 orang dan Rp. 250 ribu/malam dengan kapasitas 2 kasur ukuran double untuk 4 orang. Kamar mandi di dalam kamar dan air panas cukup lancar.

Pengalaman kami menginap di sini sebelum melakukan pendakian, pada saat pendakian mobil dititip di penginapan semalaman. Besoknya pulang dari pendakian kami diijinkan untuk numpang mandi tanpa dikenakan biaya oleh pemiliknya.

Happy Travelling😊

4 thoughts on “Naik Gunung Serasa Piknik di Puncak Gunung Prau

  1. mksh mbak udah bantu sebarin no tlp d blok pribadinya mbak jd ada beberapa orang yg udah hub saya setelah baca perjalanan mbak d prau,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *