Indahnya Terasering Bukit Panyaweuyan Majalengka

Indahnya Terasering Bukit Panyaweuyan Majalengka

Bagi pecinta keindahan alam dan fotografi, bukit Panyaweuyan Desa Argapura yang berada di kabupaten Majalengka Jawa Barat ini bisa dijadikan destinasi. Lokasinya yang berada diketinggian dengan kontur tanah yang naik turun, yang dijadikan oleh masyarakat setempat untuk ladang terasering bertingkat sehingga terlihat sangat indah apalagi dilihat dari puncak tertinggi.Ā 

Salah satu pemandangan terindah bukit Panyaweuan

Pemandangan disini ada kemiripan dengan terasering Ubud Bali. Hanya saja bedanya ladang disini ditanami dengan daun bawang, kembang kol dan lainnya. Dan terasering di sini lebih curam dibanding Ubud, sehingga terlihat lebih indah.

Menikmati sunset berkabut di puncak panyaweuyan
Menikmati sunset berkabut di puncak panyaweuyan

Tidak sulit menemukan Bukit Penyaweuyan ini karena posisinya berada di salah satu puncak tertinggi. Jalanan menuju lokasi ini menanjak dan cukup curam, dengan luas jalan yang sangat terbatas untuk bisa berpapasan 2 mobil. Namun syukurnya masyarakat di desa ini sudah mengelola tempat ini cukup baik secara swadaya. Cukup membayar Rp. 5 ribu per orang, tarif yang bersahabat kan..

Fasilitas :

Telah tersedia parkir mobil dan motor yang cukup representatif, dan juga disiapkan trek khusus tangga tanah dengan pagar bambu menuju ke puncak Penyaweuyan. Dan juga sudah terdapat toilet.

Bunga liar ungu di ladang kosong
Bunga liar ungu di ladang kosong

Spot Foto terbaikĀ 

Untuk memperoleh hasil foto terbaik, disarankan datang pada saat matahari terbit atau matahari tenggelam. Lokasi foto terbaik adalah di :

  • Bukit Penyaweuyan
  • Bukit Sunda British (Berada lebih tinggi dari bukit penyaweuyan)

Rute Perjalanan dari JakartaĀ 

Melalui tol cikampek, tol cipali, exit majalengka.Ā Jika lancar perjalanan sekitar 3-4 jam hingga ke desa Argapura

Dari pusat Majalengka berjarak sekitar 20 km. Dari Terminal Majalengka, ikuti jalan yang mengarah ke Argalingga sampai di pertigaan Sadasari-Sukasari lalu belok kanan. Setelah jembatan Cilongkrang belok kiri, atau bisa bertanya arah menuju Teja Permana/Cibunut atau Cibuluh.

Tempat menginapĀ 

Jarak kota Bandung dari Majalengka sekitar 4 jam perjalanan. Jika Anda kesorean untuk kembali ke kota Anda atau kota Bandung, di Majalengka tersedia hotel mulai dari penginapan biasa hingga hotel bintang 3. Pilihan penginapan ini bisa dilihat di Traveloka.

Kami menginap di Hotel Noni Syariah yang berjarak sekitar 20km dari desa Argapura atau kurang lebih 30 menit perjalanan. Harga kamar mulai dari 275 ribu hingga 400 ribu per malam dengan fasilitas kamar yang bersih, ac, ketel pemasak air panas berikut kopi dan teh satchet, kamar mandi luas, berikut handuk dan sabun mandi.Ā 

Pemilihan hotel ini dengan pertimbangan hotel ini memiliki kafe yang memudahkan untuk memperoleh makanan. Masakannya cukup enak, dengan menu makanan ringan seperti pisang & roti bakar, mie goreng/rebus hingga nasi ayam goreng. Minuman yang tersediapun cukup beragam mulai dari minuman panas hingga dingin dengan harga relatif murah.

 

Waktu terbaik untuk berkunjungĀ 

Akhir desember hingga awal januari, dimana kondisi seluruh tanaman hijau sebelum dipanen.

Namun, kalaupun Anda datang pada saat setelah panen, pemandangan terasering indah juga cukup memanjakan mata.

Happy traveling😊

6 thoughts on “Indahnya Terasering Bukit Panyaweuyan Majalengka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *