Pemandangan Memukau Air Terjun di Tengah Lautan Sawarna

Pemandangan Memukau Air Terjun di Tengah Lautan Sawarna

Kawasan pantai Sawarna yang berada di desa Bayah, Kabupaten Lebak Propinsi Banten ini memang belum terlalu populer. Barangkali karena akses jalan menuju daerah ini yang belum terlalu baik sehingga membutuhkan waktu tempuh sekitar 7-8 jam perjalanan dari Jakarta.

Sebaiknya jika berkunjung ke pantai ini, jadwalkan kunjungan di luar libur panjang dan hari besar karena kondisi jalanan biasanya macet parah.

Berburu ombak liar pantai karang bereum

Namun lama dan lelah perjalanan terbayarkan jika melihat keindahan pantai  dengan pemandangan air terjun di tengah laut yang berasal dari air laut akibat ombak keras khas pantai selatan yang menghantam batu karang tinggi yang berada di tengah lautan.

 

Rute perjalanan dari Jakarta

Rute Alternatif 1 :

Melalui tol jagorawi, tol bocimi, sukabumi, pelabuhan ratu, bayah (sawarna)

Jalur ini disarankan jika berangkat jam 5 pagi dari Jakarta untuk menghindari macet di jagorawi dan pelabuhan ratu. Bisa ditempuh sekitar 5-6 jam. Namun jika terlanjut kena macet, waktu tempuh bisa mencapai 10-11 jam karena sempitnya jalan di sukabumi hingga pelabuhan ratu yang mengakibatkan macet parah.

Rute Alternatif 2 :

Melalui tol balaraja, rangkas bitung, serang, bayah (sawarna)

Jalur ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 6-8 jam.

 

Itinerary Wisata

Terdapat banyak pantai dan goa di kawasan Sawarna, namun yang saya rekomendasikan ada 4 pantai, yaitu Tanjung Layar yang paling dekat dengan gerbang kawasan pantai Sawarna dan 3 pantai lainnya berada di satu kawasan yaitu Pantai Karang Bereum/Merah, Legon Pari & Karang Taraje yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 jam atau naik ojek selama 20 menit.

Rute ke pantai melewati jembatan gantung
Rute ke pantai melewati jembatan gantung

Jika ingin berjalan kaki, sebaiknya gunakan jasa guide atau menggunakan jasa ojek. Guide dan Ojek ini bisa dibantu oleh pihak penginapan untuk menghubungi mereka, dimana untuk harga pengunjung dipersilakan untuk melakukan negosiasi harga langsung.

Untuk mendapatkan pemandangan sunrise, disarankan berangkat jam 5 pagi dari penginapan dengan tujuan awal ke pantai Karang Bereum. Dan untuk memperoleh pemandangan ombak seperti air terjun, datang pada saat ombak besar disaat air pasang bulan purnama perkiraan tanggal 15-18 setiap bulannya.

  1. Pantai karang beureum
Indahnya pantai karang bereum

Pantai ini memiliki spot terbaik untuk melihat sunrise. Ciri khas Pantai Karang Beureum ini adalah dengan air terjun mini yang banyak yang tersebar di tengah lautan.

Menikmati sunrise di pantai karang bereum
Menikmati sunrise di pantai karang bereum

Pantai ini memiliki air pantai yang lumayan tenang dan ombak yang cukup kecil. Ini dikarenakan 50m sebelum bibir pantai terdapat benteng karang yang siap memecah dan menghalangi ombak ke bibir pantai.

  1. Pantai Legon Pari

Pantai ini berjarak 150 m dari pantai Karang Bereum, dengan pantai landai dan pasir lembut. Tempat ini paling banyak digunakan untuk berenang dan bermain air oleh pengunjung. Namun tetap berhati-hati, karena ombaknya besar.

  1. Pantai Karang Taraje

Banyak terdapat tempat menarik di pantai ini. Mulai dari dinding karang tinggi, kumpulan batu batu besar di pinggir pantai, gua kecil yang teduh untuk tempat berpiknik.

Piknik seru di depan gua di pantai Karang Taraje
Piknik seru di depan gua di pantai Karang Taraje

Pemandangan unggulan di pantai ini adalah karang tinggi yang luas dan rata seperti panggung yang berada di tengah lautan, jika ombak besar menghantam akan menciptakan air terjun yang cukup besar dan indah. Batu karang ini berada di bagian kiri pantai berukuran sangat luas dan biasa disebut pelataran oleh masyarakat setempat. 

Seru-seruan berburu ombak liar di Karang Taraje
Seru-seruan berburu ombak liar di Karang Taraje
Menikmati Ombak Sawarna
Menikmati Ombak Sawarna

Terdapat undakan mirip anak tangga atau taraje dalam bahasa Sunda yang kemudian dijadikan sebagai nama pantai ini.

Dinding bukit karang di pantai Karang Taraje
Dinding bukit karang di pantai Karang Taraje

Menurut saya ini pantai terindah di kawasan Sawarna dan cukup aman untuk berenang karena ombak besar terhalangi oleh batu karang tinggi yang berada di tengah lautan sehingga air laut di bibir pantai cukup tenang untuk anak-anak berenang dan bermain air.

Karang Taraje, air terjun megah di tengah lautan
Karang Taraje, air terjun megah di tengah lautan
Bercanda dengan derasnya ombak pantai selatan
Bercanda dengan derasnya ombak pantai selatan

Anda bisa piknik dengan membuka bekal makanan dan duduk berlama-lama di sini menunggu ombak besar datang menciptakan air terjun yang indah. Jika tidak membawa bekal makanan, terdapat warung yang menjual nasi goreng, nasi uduk, ikan bakar dan gorengan.

  1. Pantai Tanjung Layar

Ciri khas pantai ini adalah adanya 2 batu karang besar yang berbentuk menyerupai layar. 

Hampir seluruh pantai di Sawarna tidak cocok untuk berenang, karena ombak pantai selatan yang besar dan berbahaya.

Batu karang kembar berbentuk layar
Batu karang kembar berbentuk layar

Penginapan di Sawarna

Tidak terdapat hotel berbintang di kawasan pantai Sawarna. Namun, ada beberapa penginapan yang fasilitas dan kondisinya cukup baik.

Berikut 3 Penginapan yang saya rekomendasikan, yaitu :

  • Sinar Matahari Resort

Penginapan ini berada di kawasan pantai, dipisahkan oleh sungai dengan jembatan gantung yang hanya bisa dilewati oleh motor. Jika menginap di sini, mobil diparkir di tanah lapang yang pengalaman saya saat menginap cukup aman karena dijaga warga. Dari parkiran ke penginapan tersedia jasa ojek Rp.10ribu per orang, jika ingin berjalan kaki, waktu tempuh sekitar 15-20 menit.

Suasana cukup nyaman, dimana di depan dan belakang penginapan terdapat sawah hijau yang menyejukkan pandangan. Dilengkapi dengan gazebo besar yang luas yang dapat digunakan untuk tempat makan atau bersantai, dan juga ayunan untuk tempat bermain anak.

Harga kamar ac mulai dari 500 ribu per malam dengan fasilitas 2 double bed yg bisa diisi 4-6 orang.

Terdapat fasilitas order makan yang memudahkan pengunjung dengan tarif Rp. 15 ribu/pax untuk sarapan dengan menu nasi goreng dan Rp.30 ribu/pax untuk makan siang dan malam dengan pilihan menu ayam goreng, ikan bakar, pesmol dan balado.

Jika ingin masak, Anda bisa mengambil 1 villa 2 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas dapur dengan harga Rp. 700 ribu (tanpa ac).

Reservasi : Mang Jaka 0813 14400165, 0822 40333488, 0819 11283199

  • Sawarna Paradiso

Penginapan ini berada di luar kawasan pantai, dilengkapi dengan fasilitas parkir mobil. Tarif mulai dari Rp.700 ribu/malam

Penginapan ini sepertinya yang terbaik di kawasan pantai Sawarna, yang menyediakan paket makan Rp.120ribu/pax untuk 3 kali makan.

Reservasi : 0851 09402055, 0877 77260062

Website : Www.sawarnaparadiso.com

Instagram : sawarnaparadiso

  • Vila little hula hula

Penginapan ini berada di luar kawasan pantai, dilengkapi dengan fasilitas parkir mobil. Tarif mulai dari Rp.600 ribu/malam.

Jika ingin menikmati pemandangan hijau, terdapat pilihan villa yang berada di depan sawah dengan harga Rp.700 ribu per malam.

Reservasi : 0812 81750021, 0816 46992036, 0819 11920777

Selain 3 penginapan tersebut di atas, banyak tersedia penginapan lainnya dari kelas backpacker hingga kelas menengah.

Informasi lengkap mengenai hotel dan detail wisata sawarna dapat mengunjungi website : https://www.sawarna.net/

Informasi Biaya : 

  • karcis masuk pantai tanjung layar Rp5 ribu per orang
  • Karcis masuk pantai Karang Taraje, Legon Pari & Karang Bereum (satu paket) Rp.5 ribu per orang
  • Biaya parkir mobil di tanah lapang Rp35 ribu per mobil
  • Ojek dari parkiran ke kawasan pantai Rp.10ribu
  • Ojek ke seluruh pantai unggulan di Sawarna mulai dari jam 5.00 sd 11.00 pagi Rp100-120 ribu per hari
  • jasa guide dengan tarif Rp100-120 ribu/group untuk seharian.

Semoga informasi di atas dapat membantu ya. Yuk kita explore keindahan alam Indonesia, khususnya daerah sekitar jakarta.

Happy traveling😊

 

Follow instagram @SherlyIgarsia for more photos & videos

 

2 thoughts on “Pemandangan Memukau Air Terjun di Tengah Lautan Sawarna

  1. Bun itu ojek keseluruh pantai unggulan dibatasi jamnya dari jam 05.00 s.d 11.00 aja?
    Apa bisa juga trserah kita mau brgkt jam berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *