Yuk Explore Kecantikan Pulau Nusa Penida

Yuk Explore Kecantikan Pulau Nusa Penida

Bagi yang pernah atau udah sering ke Bali, mungkin kali ini bisa pertimbangkan nyebrang sedikit ke pulau Nusa Penida untuk memperoleh pemandangan pantai yang spektakuler. Dijamin Anda akan makin cinta Bali, makin cinta keindahan Indonesia😍😍

Perjalanan kami Juni 2016 lalu dimulai melalui pantai Sanur menumpang speedboat yang berangkat pada pukul 7.00 pagi. Perjalanan ditempuh selama 1 jam, pada saat itu ombak cukup besar sehingga beberapa kali mesin speedboat dimatikan. Normal waktu tempuh dengan speedboat seharusnya 30-40 menit.

Pilihan transportasi untuk mengelilingi pulau Nisa Penida ini hanyalah dengan sewa motor atau sewa mobil karena tidak terdapat kendaraan umum. Kondisi jalan beraspal di Nusa Penida cukup baik namun kecil dan sempit, sehingga mengendarai motor lebih direkomendasikan dibanding mobil.

Sesampai di pulau Nusa Penida, langsung disambut banyak ojek namun tidak terlihat fasilitas sewa motor ataupun mobil dan akhirnya kami putuskan berjalan kaki ke arah jalan raya. Sambil berjalan kami dikelilingi oleh ojek yang menawarkan jasanya mengantar mengelilingi pulau dengan tarif Rp.300 ribu per orang, berdua jadi Rp.600 ribu untuk setengah hari (mahaall amat bliii😱 nyewa mobil di Denpasar aja hanya Rp.250 ribu 24 jam).

Ketika kami meminta untuk sewa motor saja agar bisa mengendarai sendiri mereka bilang tidak terdapat sewa motor di sana dan juga menakuti kami bahwa kondisi jalanan berbahaya. Walau sudah bilang tidak berminat, mereka masih saja mengikuti sambil mengelilingi kami dengan sepeda motor, karena tetap acuh akhirnya mereka terlihat kesal terus pergi tapi tak lama balik lagi dari arah depan dan kembali mendesak untuk menggunakan jasa mereka. Bener-bener perlakuan yang tidak menyenangkan terhadap turis 😏😏😣

Saya sempat mengajak suami untuk balik naik speedboat ke Denpasar karena takut dan ngga nyaman dengan tingkah laku ojek tersebut, namun untunglah kami ketemu dengan turis bule di jalan dan menanyakan dimana bisa melakukan penyewaan motor dan dia mengarahkan kami ke warung dan mengatakan sewa motor per hari Rp.50 ribu.

Benar saja, kami memperoleh sewa motor dari ibu pemilik warung namun harga sewanya bukan Rp. 50 ribu melainkan Rp. 70 ribu ( pasrah aja deh tarif sewa yang dikasih lebih mahal dibanding bule😜). Alhamdulillah.. untung ngga jadi balik kanan pulang ke Denpasar.

Pantai Crystal Bay
Tujuan pertama kami ke pantai Chrystal Bay. Sekitar 30 menit berkendara di jalan aspal yang cukup baik. Di depan pantai terdapat pulau karang kecil sekitar 50 meter dari pantai, di salah satu bagiannya terdapat batu karang yang bolong membentuk seperti pintu menambah keindahan pemandangan di pantai ini.

Pantai ini di apit kiri dan kanan oleh batu karang sehingga tidak terlalu luas, untuk anak anak bermain di pantai menjadi cukup aman apalagi pantainya landai dan ombak tidak terlalu besar. Di tengah laut banyak terlihat jukung (perahu tradisional) dan speedboat menunggu turis yang melakukan snorkling.

Pantai Chrystal Bay
Pantai Chrystal Bay

Tidak ada biaya masuk ke pantai ini, hanya cukup membayar parkir motor saja sebesar Rp.5.000. Bagi yang ingin bersantai, terdapat banyak pondok beratap rumbia di pinggir pantai. Setelah puas menikmati pantai ini kami segera melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya yang merupakan primadona alam Nusa Penida, Pasih Uug.

Pasih Uug, The Broken Beach
Perjalanan dari Crystal Bay ke Pasih Uug membutuhkan perjuangan yang cukup berat. Jalanan yang menanjak terjal membutuhkan kelihaian bermotor. Sesekali saya harus turun dari motor agar bisa membantu meringankan beban motor untuk mendaki. Namun perjuangan ke pantai ini terbayar oleh keindahan pemandangan yang disuguhkan. Pemandangan ke samudra lepas dengan air laut yang berwarna biru kelam dan juga batu karang tinggi di kiri kanan pantai.

Pemandangan laut lepas dari Pasih Uug
Pemandangan laut lepas dari Pasih Uug

Bagian terindah dari pantai ini adalah terowongan batu karang yang membentuk jembatan dengan bagian pantai seperti lobang besar membuat pemandangan menjadi sangat memukau. Lobang besar tersebut dialiri oleh air laut melalui terowongan pada batu karang yang berbentuk seperti gerbang. Di dalam lobang tersebut terlihat ikan pari manta yang sedang berenang berusaha untuk kembali ke lautan lepas melalui gerbang karang, namun terdorong kembali ke dalam pantai oleh ombak. Air laut berwarna biru tua semakin mempercantik pemandangan pantai ini.

Pantai berbentuk lobang tempat bermain ikan pari manta
Pantai berbentuk lobang tempat bermain ikan pari manta

Terlihat banyak kapal yang berhenti di tengah laut menunggu turis yang melakukan snorkling. Teriknya matahari tidak bisa menghentikan kami untuk berlama lama di sini😍😍

Pemandangan Pasih Uug yang wow...
Pemandangan Pasih Uug yang wow…

Angel’s Billabong, Broken Bay
Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pasih Uug, namun kami tidak berhasil ke sana karena petunjuk google map-nya tidak akurat ditambah teriknya matahari karena kami sedang berpuasa ramadhan suami saya memutuskan untuk tidak melanjutkan pencarian. Di bawah ini kami posting foto Angel’s Billabong yang diperoleh dari google.

Masih berasa ngga yakin pemandangan ini ada di Indonesia😍
Masih ngga percaya pemandangan ini ada di Indonesia😍

Pasih Andus
lokasinya berdekatan dengan lokasi Pasih Uug, hanya berjarak beberapa meter dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki kira-kira 15 menit. Pesona pantai ini adalah ombak pecah pada saat terbentur dinding batu karang menciptakan suara bergemuruh dan pemandangan percikan tinggi dari ombak pecah yang terlihat cantik.

Ombak pecah di Pasih Andus
Ombak pecah di Pasih Andus

Berhubung speedboat terakhir berangkat pukul 4 sore, kami memutuskan untuk menyudahi perjalanan dan segera kembali ke pelabuhan. Pukul 3 sore kami sampai di pelabuhan dan duduk santai menunggu jadwal keberangkatan speedboat.

Belum puas rasanya mengelilingi pulau cantik ini dalam waktu 5 jam. Idealnya dibutuhkan minimal 2 hari agar bisa mengunjungi semua pantai indah di Nusa Penida. Ada 2 pantai terkenal yang tidak sempat kami kunjungi yaitu pantai Klingking dan pantai Atuh. Insya Allah diberi kesempatan lagi untuk balik ke sini bersama anak-anak.

Secara umum kondisi keamanan di Nusa Penida cukup baik hampir sama dengan wilayah Bali lainnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah banyaknya oknum penipuan dengan menaikan tarif-tarif menjadi sangat tinggi, dan ini tidak hanya di Nusa Penida karena pagi hari di Sanur kami sempat tertipu harga tiket speedboat yang harusnya Rp.75 ribu (sekali jalan) menjadi Rp.100 ribu, sebelumnya sempat ditawarkan dengan harga Rp.250 ribu di counter tiket yang lain.

Tips Perjalanan & Cara ke Nusa Penida
1. Penyebrangan terdekat menuju pulau Nusa Penida berangkat dari Pantai Sanur. Terdapat 2 pilihan kapal, yaitu
– naik perahu jukung dengan tarif 25rb-40rb dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit
– speedboat dengan tarif65rb-75rb (50menit).

2. Banyak counter penjualan tiket speedboat di pantai Sanur, ada kantor travel agent dan ada juga kantor perusahaan speedboat. Pastikan membeli tiket speedboat di counter resmi perusahaan speedboat, jangan di counter travel agent. Karena harga tiket bisa menjadi sangat tinggi berkisar Rp.100-300 ribu sekali jalan alias 3 kali lipat lebih mahal😱😱. Dari arah jalanan, sesampai di pantai Anda belok kiri dan jalan terus hingga terlihat nama counter sesuai dengan nama-nama speedboat yang berlabuh di pantai. Jika harganya tinggi, tinggalkan saja karena itu berarti travel agent alias kantor calo.

3. Sesuaikan kostum karena kita akan basah basahan untuk menaiki speedboat yang berada agak ke tengah pantai.

4. Usahakan untuk mencari contact sewa kendaraan baik motor atau mobil sebelum berangkat, karena sewa on the spot di Nusa Penida menjadi jauh lebih tinggi dan juga wasting time jika baru mencari info di Nusa Penida. Bisa juga pertimbangkan untuk bawa kendaraan dari Denpasar dengan naik kapal Roro melalui pelabuhan Padang Bai. Berikut info tarif penyebrangan (motor golongan 2 & 3, mobil golongan 4)

Tarif penyebrangan kapal RORO dari Padang Bai ke Nusa Penida
Tarif penyebrangan kapal RORO dari Padang Bai ke Nusa Penida

5. Jika tidak mau pusing bisa pertimbangkan ambil paket tour ke Nusa Penida dengan harga paket Rp.400-800 ribu per orang untuk one day tour termasuk biaya speedboat pp (jika peserta sedikit, tarif akan semakin mahal).

 

———————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *