Tips dan Cara Mengurus Visa Rusia

Tips dan Cara Mengurus Visa Rusia

Mengurus Visa Russia bagi Solo travel susah susah gampang. Susah jika kita belum tahu detail requirement-nya, namun akan menjadi gampang jika seluruh syarat sudah diketahui dari awal dan diurus dari jauh hari. Untuk pengurusan visa Rusia ini pemohon tidak wajib hadir alias bisa diwakilkan dan tidak ada wawancara.

Berikut langkah langkah untuk pengurusan :

1. Pastikan itinerary Anda jauh hari, disarankan 2 bulan sebelumnya sudah final :
– kota mana saja yang akan dikunjungi di Russia karena kota tujuan harus dicantumkan pada saat apply visa.
– Apakah akan membutuhkan single atau double entry visa. Jika anda membeli tiket datang dan pulang melalui Russia, dan memiliki rencana mengunjungi negara lain dan masuk kembali ke russia maka Anda membutuhkan double entry visa

2. Perlu diketahui untuk pengajuan visa Rusia, semua hotel harus sudah dibayar lunas dan memperoleh invoice dari hotel yang menyatakan hotel telah menerima pembayaran lunas. Selain itu kita harus menginap di properti yg tercantum di visa support letter/invitation letter. Menginap di hotel yang tidak sesuai dengan yang tertulis di support letter akan dianggap sebagai pelanggaran berat (bulan Maret 2017 lalu 4 orang WNI dideportasi karena tidak menginap di hotel yang tertulis di support letter). Untuk itu, pastikan terlebih dahulu seluruh penginapan yg akan digunakan. Pilihlah hotel dengan review yg menyatakan petugasnya bisa berbahasa inggris dan helpful karna ini akan mempengaruhi kelancaran dalam follow up invoice.

Contoh invoice hotel
Contoh invoice hotel

3. Lakukan pemesanan online melalui perusahaan terpercaya seperti agoda.com dan booking.com. Saya pribadi merekomendasikan agoda.com karena mereka memiliki call center 24 jam di Indonesia dan berbahasa Indonesia serta terbukti sangat fully support bantu follow up ke pihak properti, sedangkan Booking.com call centernya nomor telp indonesia tidak pernah bisa saya hubungi sehingga harus menggunakan nomor international.

4. Meminta invoice lunas dari hotel bisa dilakukan melalui customer service agoda.com. Namun untuk pengalaman saya karena waktu sudah dekat dengan keberangkatan, saya juga ikut follow-up langsung melalui email dan whats-app kepada pihak hotel (biasanya di email konfirmasi agoda.com atau booking.com terdapat nomor telepon/whats app atau email hotel).

5. Setelah seluruh invoice hotel diterima, barulah kita proses visa support letternya ke agent yg kita pilih atau bisa juga melalui hotel (beberapa hotel memiliki fasilitas support letter). Namun pastikan apakah hotel tersebut mau menerbitkan visa support letter dengan mencantumkan total masa kunjungan kita di Russia (termasuk kunjungan di kota lain yang tidak menggunakan penginapan mereka). Beberapa hotel berbintang memberikan free biaya support letter jika menginap di hotel mereka seperti Ibis St. Petersburg.

Format visa support letter ini harus dilengkapi dengan detailed itinerary yg ditandatangani dan stempel agent (contoh terlampir di bawah). Setiap pemegang passport harus memiliki visa support letter dan detailed itinerary, jadi jika Anda bepergian dengan teman atau keluarga, masing-masing nama harus membuat visa support letter.

Contoh visa support letter
Contoh visa support letter

 

Contoh Detail Itinerary lampiran support letter
Contoh Detail Itinerary lampiran support letter

Berikut ini agent visa support letter letter yang saya gunakan. Pengalaman saya, respon mereka cukup cepat. Jika Anda belum memiliki info, agent ini bisa digunakan sebagai alternatif :

www.destinationrussia.com dengan biaya USD 25 untuk support letter dan tambahan USD 8 untuk lampiran berupa detailed itinerary (lampiran ini wajib) untuk proses 48 jam.

alternatif agent visa support letter lain :

p://bronevik.com/en/info/russian-visa-invitation/ dengan biaya USD 24 untuk proses 24 jam.

6. Isi formulir e-visa di www/visa.kdmid.rv. Pada bagian pengundang, isi nama dan alamat travel agent yang menerbitkan visa support letter. info ini terdapat pada support letter. (Jangan sampai dikosongkan, karna nanti Anda akan diminta untuk print ulang yang berakibat bolak balik datang lagi ke sana).

7. Tempelkan 1 foto berwarna pada kotak foto yang tersedia di formulir visa (foto latar belakang putih ukuran 3 x 4)

8. Lampirkan passport, support letter berikut lampiran detailed itinerary dan invoice lunas dari hotel.

Untuk tiket pesawat dan asuransi kesehatan pengalaman saya tidak diwajibkan oleh pihak Consulate Russia. Bagi ibu rumah tangga yang berangkat tanpa suami diminta untuk melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir.

9. Datang ke embassy the Rusian Federation Consuler Section. Waktu pelayanan pkl. 09.00 – 13.00

lokasi di seberang Pasar Festival Kuningan, jika naik Trans Jakarta bisa berhenti di halte GOR Soemantri. Masuk dari pintu pagar ke-2, pencet tombol di pintu pagar, nanti pagar akan terbuka otomatis.

Perhatikan jadwal kunjungan, karena begitu jam 13.00 kantor benar benar tidak melayani pengunjung.

10. Bayar USD 70 untuk proses 10-14 hari kerja atau USD 140 untuk proses express 3 hari kerja untuk single entry visa

Tips ini saya susun berdasarkan pengalaman saya pada April 2017 lalu dan merupakan syarat standard dari Consulate Russia. Ada banyak versi pengalaman yang saya baca, karena sepertinya ada kalanya pihak Consulate melonggarkan regulasi. Namun saran saya sebaiknya ikuti syarat standard di atas agar tidak bolak balik ke Consulate. Karena informasi yang saya terima dari pemilik penginapan di Russia, syarat ini juga dimintakan oleh tamu hotelnya yang berasal dari negara lain baru baru ini (April 2017) sedangkan sebelumnya tidak pernah ada tamunya yang meminta invoice sebelum kedatangan.

Jika ada yang membutuhkan informasi lain, bisa langsung telpon ke Consulate Rusia di nomor :

(021) 5225795

Registrasi passport :
Pemerintah Rusia mewajibkan setiap turis yang berkunjung minimal 7 hari di Rusia untuk melakukan registrasi passport di setiap kota yang dikunjungi. Registrasi biasanya dilakukan di penginapan. Biaya registrasi setiap penginapan berbeda beda mulai dari 100 rubel hingga 300 rubel per orang. Namun ada juga penginapan yang tidak mengenakan biaya pada saat registrasi.

Penginapan akan melakukan registrasi berdasarkan data pada formulir /kartu kecil yang diberikan oleh imigrasi pada saat kedatangan pertama di Rusia (jangan sampai hilang).
Pastikan anda melakukan registrasi di setiap kota dengan cara pro aktif meminta penginapan melakukannya pada saat check in hotel/hostel. Jangan lupa meminta receipt bukti registrasi dari hotel dan gabungkan dengan passport agar sewaktu waktu ada pemeriksaan anda tidak kesulitan mencarinya.

Semoga lancar pengurusan visanya dan Selamat menikmati keindahan dan keunikan kota, bangunan serta budaya Russia😊


Bagi yang mencari penginapan budget, silakan baca rekomendasi hostel yg saya gunakan pada kunjungan April 2017 lalu :

Rekomendasi Penginapan Murah dan Nyaman di Russia

49 thoughts on “Tips dan Cara Mengurus Visa Rusia

  1. hallo mba, mba nya bulan berapa ke rusia?
    saya mau tanya jika hotelnya sharing untuk bertiga gimana kah untuk mengurus visa supportnya? apakah nanti di invoice tertera nama tamu yg menginapa siapa aja?

    1. Halo indri,
      Saya awal mei 2017 lalu. Utk visa support tetap buat masing2 support letter walaupun satu penginapan dan lampirkan copy invoice yg sama. Yg penting tiap orang memiliki support letter dg itinerary (kota mana saja dan tanggal berapa kunjungannya).
      Utk invoice, pengalaman saya kemarin dg suami, invoice hotel atas nama saya tetap saya gunakan utk lampiran dokumen visa suami. Namun pengajuan visa dilakukan berbarengan ya

  2. Hi Mbak,

    Mau tanya itu cara dapetin Detailed Itinerary Support Letternya bagaimana ya? Karena saya cuma dapat Invitation Letter

    Saya sudah mengurus Invitation Letternya tapi dari embassy bilang masih ada yang kurang.

    Thnku

    1. Hi mas gunawan,

      Detailed itinerary bisa kita beli melalui agent pengurusan support letter. Kita email ke mereka itinerary kita, nanti mereka akan memindahkan data ke satu lembar dokumen yang mereka tandatangani dan berbahasa rusia. Contohnya ada di artikel.

      1. Mba kalau boleh tau kemarin dirimu kena prosesnya berapa hari ya?
        Selanjutnya untuk invoice hotel, boleh menggunakan voucher booking dari agoda gk ya?
        Karena pembayaran menggunakan CC dan saat ini kan blm dicharge sama pihak hotelnya.
        Mohon info ya Mba, makasih.

        1. Invoice harus dari hotel, utk dapat invoice hotel saya contact langsung ke hostelnya kejar sendiri invoicenya. Ada hostel nonrefundable yg terpaksa saya cancel karna tdk merespon utk mengirim invoice

  3. Mbak, saya rencana akan ke Rusia April 2018. Karena kami ber-9, rencana mw cari apt via airbnb. Pertanyaannya, airbnb mau ngeluarin visa support gak, ato harus via agen..

    1. Hi Ana,
      Mohon maaf late respon. Utk air BnB saya pribadi tdk punya pengalaman. Namun, waktu urus visa April kemarin ketemu orang yg pakai airbnb. Dia tetap disuruh lampirkan invoice lunas dari pemilik properti , jika tdk ada bisa digantikan dg bukti pendebetan kartu kredit utk pembayaran sewa kamar tsb.

    2. Hi Ana salam kenal

      Utk airbnb saya tdk punya pengalaman. Namun saat pengurusan visa kemarin, ketemu orang yg jg pake airbnb. Karena dia kesulitan utk dot invoice dari pemilik properti, maka sebagai gantinya consulat russia meminta dia menggantinya dg bukti pendebetan penginapan di tagihan kartu kreditnya. Untuk jelasnya sebaiknya telp langsung ke consulat di nomor yg saya cantumkan di artikel.
      Semoga membantu ya

    1. Hi mas irvan,

      Pengalaman saya yg paling murah tiketnya Thai Airways. Bukan April 2017 lalu kami dapat harga 5 jutaan pp berangkat dari jkt – moscow (transit satu malam di bangkok).
      Coba masuk aja ke websitenya. Cari periode yg murah untuk tahun depan.
      Goodluck ya

  4. Siang Mba, saya mau ke Moscow dan rencananya 5 hari di sana. Ini merupakan trip pertama saya dan sekarang saya di Jayapura, Papua. Bagaimana pengurusan visa dan informasi penginapan di sana ?

    1. Salam kenal mas benjamin,
      Jika kendalanya tdk bisa urus visa sendiri karena domisili di jayapura, bisa diurus melalui travel agent, saran saya pilih travel agent besar karena mereka sudah biasa dan paham kelengkapan dokumennya (misal : panorama, dwidaya, dll). Berhubung syarat pengurusan visa russia ini cukup unik karena mengharuskan melampirkan invoice lunas dari penginapan, sebelum mengurus visa pastikan penginapannya sudah final, dibayar dan telah memperoleh invoice. Setelah invoice hotel di tangan, baru urus visa support letter.
      Jika tdk mau ribet, bisa memilih hotel berbintang yg mudah untuk mengeluarkan invoice dan bisa membantu pembuatan visa support letter.
      Atau bisa juga ambil paket pengurusan visa plus reservasi hotel melalui travel agent.
      Jika ingin menginap di hostel budget, bisa menggunakan hostel yg sama dg yg saya gunakan. Bisa dibaca di artikel yg sudah saya tulis : http://www.sherlyigarsia.com/rekomendasi-penginapan-murah-di-russia/

      Selamat mencoba dan semoga lancar ya..

  5. mba numpang tanya sy bulan juni 2018 nanti akan kerussia bersama keluarga( istri & anak*), visa support letternya lebih baik minta sekarang atau nanti,terus kl untuk invoice pembayarannya bisa diminta dulu nggak kl sy sdh melakukan pembayaran

    1. Salam kenal Pak djoni,

      Utk jawabannya hampir sama dg jawaban saya ke pak benjamin. Stepnya adalah sbb :
      1. Pastikan penginapan yg akan digunakan dan dapatkan invoicenya. bisa dimulai dari sekarang,lebih cepat lebih baik. Karena pengalaman saya dan beberapa teman agak sulit untuk memperoleh invoice lunas disebabkan biasanya hotel di russia mendebet pada saat kedatangan. Kecuali jika menggunakan hotel berbintang, akan lebih mudah.
      2. Jika invoice lunas penginapan sudah diperoleh, baru urus visa support letter (rekomendasi agent sudah saya tulis di artikel di atas). Untuk hotel berbintang, biasanya menawarkan free pembuatan visa support letter.

      Semoga jelas ya pak

    1. Hi mas fendy,

      Haha.. iya benar. Susah jika kita tdk mengetahui requirementnya. Namun jika udah tau step pengurusan dan kelengkapan dokumennya tidak ada masalah. Insya allah lancar

      Goodluck ya

  6. Hi mbak Sherly,

    Saya belum pernah ke Rusia dan ini pertama kalibya saya berencana ke Rusia. Saya memiliki temen dan berencana Desember nanti ke Novosibirsk. Untuk penginapan saya dipersilakan untuk menginap di rumah temen. Jadi bagaimana cara mengurus visa tanpa menggunakan Hotel ?

    Terimakasih 🙂

    1. Salam kenal pak sutanto,

      Utk yg ke rusia tanpa hotel kebetulan kemarin saya sempat ketemu ibu2 yg jg urus visa di consulate tanpa menggunakan hotel karna nginap di rumah kerabatnya warga rusia. Si ibu cerita jika dia disuruh lampirkan surat undangan atau semacam jaminan dari yg punya rumah bahwa beliau menjadi tamunya. Justru menjadi lebih simple dibandingkan orang yg nginap di hotel. Si ibu tsb bahkan belum beli tiket pada saat itu.
      Utk lebij jelas, bapak silakan telp ke contact center consulate Rusia yg saya cantumnkan di artikel.
      Goodluck pak sutanto

  7. halloowee .. slmat siang Mba…

    mohon infonya..

    sy berencana ke rusia tahun depan.. skrg sy berdomisili di NTT..
    nah… utk pngajuan visanya bisa dititipkan sama saudara yg di jakarta (non travel agen) atau harus dtg sndri ke kantor kedutaan?

    terus utk pembayaran support letter itu harus menggunakan kredit card atau.?

    mohon pnjelasannya ya… makasi bnyk ..

    1. Siang steven..

      Salam kenal.., wah seru tinggal di NTT dg alam indahnya
      Utk pengurusan visa bisa diwakilkan asal dokumen lengkap. Saya sarankan, urus jauh hari utk menghindari perubahan syarat pengurusan visa. Sebelum mengajukan, minta saudaranya telp ke consulate di nomor yg saya info di artikel utk memastikan tdk ada perubahan atau penambahan syarat dokumen. Jadi ngirim dokumen dari NTT ga bolak balik.
      Utk pembayaran support letter dg kartu kredit. Pastikan semua invoice hotel telah diperoleh baru urus visa support letternya biar utk menghindari revisi berulang support letternya.
      Goodluck ya..

      1. ayoooo main ke NTT jg Mba.. makasi bnyk y mba….

        mau tanya lg ni . . .

        klo utk invoice hotel itu bs lewat traveloka jg kah.? atw hrs booking.com yg lbh gampang.??

        1. Iya.. NTT bucket list tuh semoga bisa ke sana.

          Aku sarankan pake agoda karena ada customer service indonesia (nomor telp jakarta)dan mereka mau bantu nagih invoice ke penginapan. Booking.com juga ok, cuma karena tdk ada no telp jakarta jadi cuma bisa mengandalkan komunikasi via email dan menunggu mereka yg telp. Traveloka aku blm coba, khawatir hotel tdk familiar karena belum worldwide.
          Usahakan reservasi penginapan yg bisa dicancel atau refundable, jadi jika mereka tdk respon utk kirim invoice langsung ganti penginapan aja.
          Kemarin aku wasting time nunggu invoice dari hostel yg ga respon hingga 2 minggu karna terlanjur ambil yg ga bisa dicancel jadi kebuang reservasi 2 malam.
          Goodluck ya..

  8. Halo Mba Sherly..
    Mau bertanya, Mba..
    Mba kalau saya baca-baca, mengurus Visa Rusia ini ngga perlu kelengkapan seperti Schengen yang seperti Rekening Koran gitu ya, Mba?
    Terimakasih, Mba 🙂

    1. Hi eva,

      Salam kenal
      Saat saya mengurus visa april lalu, mereka tdk minta rek koran. Cuma russia memang suka mendadak bikin perubahan. Utk make sure biar ga bolak balik ke consulate lebih baik tel dulu ke telp yang saya info di artikel.
      Goodluck ya..

  9. Halo Sherly salam kenal. Sptnya kalo apply visa gak perlu sampe rek koran 3 bulan, siup atau sponsor suami dll ya.. gak kayak aussie ya. Rencana aku mao jalan januari nanti so desember ud mulai mao ngurus visa. Ada tanya travel mintamya 1.9 jt yg biasa..mahal juga ya dibanding 70 usd haha tks infonya sangat bermanfaat

    1. Hi mona,

      Salam kenal
      Saat saya mengurus visa april lalu, mereka tdk minta rek koran. Cuma russia memang suka mendadak bikin perubahan. Utk make sure biar ga bolak balik ke consulate lebih baik tel dulu ke telp yang saya info di artikel.
      Benerr.. mending urus sendiri, karena sebenarnya asal dokumen lengkap urusannya gampang dan cepat. Ikuti aja semua dokument yg diminta terutama invoice lunas dari penginapan.
      Goodluck ya..

      1. Kalo aku booking yg pay later at hotel jg hrs minta invoice ya. Apakah pihak hotel mau ya. Kmrn aku ud email mrk ttg visa support letter n lgsg dibales sih

          1. Pagii… Mbak Sherly..
            aku ud lagi mao siapin data2 untuk applynya

            untung ketemu blog dikau sangat sangat membantu hehehe
            mao tanya 1 hal tentang ini

            “i formulir e-visa di www/visa.kdmid.rv. Pada bagian pengundang, isi nama dan alamat travel agent yang menerbitkan visa support letter. info ini terdapat pada support letter. (Jangan sampai dikosongkan, karna nanti Anda akan diminta untuk print ulang yang berakibat bolak balik datang lagi ke sana).”

            ini kkita isi nya ambil dari travel voucher ya yang ada tulisan HOST COMPANY, ADDRESS itu.. trus isiannya pake bahasa rusia..

            thanks banget banget yaaa

          2. Hi mona..

            Iya, isi dengan nama travel company nya.
            Kalo ga salah saya copy paste nama nya.

            Goodluck ya

    1. Hi bella,

      Utk business trip saya belum punya pengalaman. Saya rasa visa support letter mandatory. Point yg saya dapat saat urus visa, pemerintah russia ingin tau kita kemana saja selama di negara mereka makanua mereka minta semua invoice hotel utk memastikan bahwa kita benar2 nginap di hotel tsb. Jadi hotel yg kita cantumkan di support letter harus sesuai tidak boleh diganti. Dan setiap pindah kota kita harus registrasi melalui hotel.

  10. Hello mba. Rencana awal januari mau ke rusia lewat turkey, nginep di rumah temen selama dsna. Ini blh ga ya ? Kan hrus lampirin full payment hotel, mgmgnya gimana ya ke kedutaan, tiket pp udh ada, tinggal visa support sm bookingan hotel yg belum, kalau mau bkin support visa kan katanya pke bookingan hotel jga. Klo case nya di cover tmn (nginap drumah tmn) ak harus menyertakan bukti apa ya ? Oia. Nomor kedutaan di atas ga bisa d hubungi ya mba, brusan ak cb bbrp x (021) 5225795. Mhn infonya ya mna

    1. Utk yg nginap di rumah teman/keluarga, waktu itu consulate tdk minta invoice hotel. Mereka minta seperti surat undangan/garansi dari tuan rumah tempat kita menginap. Kebetulan saat saya ngurus visa ada yg case seperti ini, justru lebih mudah prosesnya. Coba make sure lagi aja ke consulate. Utk no telp saya hanya catat nomor tsb, barangkali karena sibuk telp tdk diangkat. Karna telp itu di meja receptionist merangkap bolak balik antar dokumen visa ke staf consulate di dalam ruangan.
      Goodluck ya

  11. Mau sharing, kmrn saya terlanjur booking hotel lewat agoda dan booking.com. Saat itu saya belum tahu ada peraturan harus pakai invoice lunas. Saya lalu menghubungi agoda untuk membantu, tapi agoda berkali2 menyatakan mereka tidak bisa membantu karena pembayaran tidak bisa dilakukan sekarang (bookingnya masih yg refundable). Coba cari2 hotel lain ketemunya yg refundable semua. Agoda jg tidak memberikan akses menghubungi hotelnya sendiri, jadi harus lewat mereka. Akhirnya yang di agoda kita cancel deh, ribet.
    Pindah ke booking.com, mereka menyediakan fitur untuk menghubungi hotelnya langsung. Ada beberapa hotel yg responsif dan mau membantu. Sayangnya tdk ada yg mau menyediakan invoice, kita sudah hubungi berkali kali via whatsapp dan email. Untungnya booking.com menelpon dan memastikan bahwa kita benar2 butuh invoice atas permintaan kedutaan. Akhirnya salah satu hotel kita bayar pakai paypal dan bukti pembayaran paypal itu yang kita attach waktu ke kedubes. Sisa dua hotel lainnya lagi cuma cantumin bukti pemesanan non refundable dari booking.com aja. Karena sudah mentok dan visa support sudah terlanjur dibuat, jadi pake prinsip apa yg terjadi terjadilah.
    Nekat ke kedutaan pakai data2 sedemikian dan ternyata BERHASILLL. Visanya lolos sodara2, semoga nanti perjalanannya lancar, amiinn.

  12. Halo mbak saya dan teman teman berencana akan ke russia pada bulan november 2018. Nah kami kira kira akan pergi sekitar 20 orangan. Boleh rekomendasiin harga tiket termurah pesan dimana gak mba? Dan boleh tau gak mba berapa total pengeluaran yang dihabiskan untuk satu orang ke russia masuk uang tiket makan dan penginapan. Terima kasih mba:)

    1. Halo juga anisa,
      Maaf baru reply. Utk tiket, pengalaman saya mei 2017 lalu pakai thai ailines yang paling murah. Utk cek harga maskapai termurah pd jadwal tsb, bisa cek ke skyscanner.co.id.
      Utk biaya hidup, russia kurang lebih sama dg Jakarta. Tdk terlalu mahal. Contoh, utk dormitory per orang per malam bisa mulai dari 200 ribuan, jika ingin sekamar ber2 dg harga murah bisa pilih hostel dg harga mulai 400 ribuan dg kamar mandi di luar. Pilihan hostel di russia fasilitasnya udah bagus banget, bersih dan modern. Silakan cek di agoda.com.
      Biaya makan kalau ingin halal dan murah, bisa makan di restoran uzbekistan, tajikistan dan kyrgyzstan. Per porsi sekitar 60 ribuan – 100 ribuan tp porsinya besar jadi bisa sharing. Silakan cek di google map halal food di masing2 kota yg akan dikunjungi.
      Goodluck ya

  13. Hi Mba Sherly,

    Informasi diatas membantu sekali. Saya niatnya April 2018 ini mau ke Rusia sama teman2. Mungkin saya missed tapi penjelasan diatas tampaknya tidak perlu surat keterangan bekerja ya. Apakah memang tdk perlu melampirkan surat tersebut ya? Kalau ada tips and tips selama saya nge trip ke Rusia di bln April akan sangat membantu. Karena saya tiba2 saja saya pengen ke sana tanpa perencanaan? Terima kasih sebelumnya.

    Fina

    1. Hi fina.. salam kenal.
      Yup betul, surat keterangan kerja kemarin kami ga dimintain sama consulat. Tp seperti info saya di artikel, sebelum pengurusan visa sebaiknya telp dulu ke consulate (no telp ada di artikel) karena pengalaman saya tahun lalu peraturannya suka berubah.
      pengalaman saya, jika ingin suhu yang bersahabat dan waktu jalan2 nya lebih panjang sebaiknya ambil di akhir mei sd juni. Karena waktu terangnya lebih panjang dan suhu bersahabat utk berlama lama berada di luar ruangan.
      Terutama kota Saint Petersburg, kotanya sangat enak buat walking tour seharian karen bangunan sepanjang jalan cantik2 dengan desain yang berbeda beda.
      Goodluck ya

    1. Hi mas adi,

      Ketentuan transit di masing2 negara berbeda beda. Khusus transit di negara schengen tanpa visa, saya tidak pernah coba. Karena pengalaman transit saya di belanda waktu itu (tujuan paris) saya manfaatkan utk mampir ke taman bunga keukenhoff. Karena sayang kalau udah transit di kota yg cantik jika tidak sekalian explore kotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *