Tips dan Cara Mengurus Visa Rusia

Tips dan Cara Mengurus Visa Rusia

Mengurus Visa Russia bagi Solo travel susah susah gampang. Susah jika kita belum tahu detail requirement-nya, namun akan menjadi gampang jika seluruh syarat sudah diketahui dari awal dan diurus dari jauh hari. Untuk pengurusan visa Rusia ini pemohon tidak wajib hadir alias bisa diwakilkan dan tidak ada wawancara.

Berikut langkah langkah untuk pengurusan :

1. Pastikan itinerary Anda jauh hari, disarankan 2 bulan sebelumnya sudah final :
– kota mana saja yang akan dikunjungi di Russia karena kota tujuan harus dicantumkan pada saat apply visa.
– Apakah akan membutuhkan single atau double entry visa. Jika anda membeli tiket datang dan pulang melalui Russia, dan memiliki rencana mengunjungi negara lain dan masuk kembali ke russia maka Anda membutuhkan double entry visa

2. Perlu diketahui untuk pengajuan visa Rusia, semua hotel harus sudah dibayar lunas dan memperoleh invoice dari hotel yang menyatakan hotel telah menerima pembayaran lunas. Selain itu kita harus menginap di properti yg tercantum di visa support letter/invitation letter. Menginap di hotel yang tidak sesuai dengan yang tertulis di support letter akan dianggap sebagai pelanggaran berat (bulan Maret 2017 lalu 4 orang WNI dideportasi karena tidak menginap di hotel yang tertulis di support letter). Untuk itu, pastikan terlebih dahulu seluruh penginapan yg akan digunakan. Pilihlah hotel dengan review yg menyatakan petugasnya bisa berbahasa inggris dan helpful karna ini akan mempengaruhi kelancaran dalam follow up invoice.

Contoh invoice hotel
Contoh invoice hotel

3. Lakukan pemesanan online melalui perusahaan terpercaya seperti agoda.com dan booking.com. Saya pribadi merekomendasikan agoda.com karena mereka memiliki call center 24 jam di Indonesia dan berbahasa Indonesia serta terbukti sangat fully support bantu follow up ke pihak properti, sedangkan Booking.com call centernya nomor telp indonesia tidak pernah bisa saya hubungi sehingga harus menggunakan nomor international.

4. Meminta invoice lunas dari hotel bisa dilakukan melalui customer service agoda.com. Namun untuk pengalaman saya karena waktu sudah dekat dengan keberangkatan, saya juga ikut follow-up langsung melalui email dan whats-app kepada pihak hotel (biasanya di email konfirmasi agoda.com atau booking.com terdapat nomor telepon/whats app atau email hotel).

5. Setelah seluruh invoice hotel diterima, barulah kita proses visa support letternya ke agent yg kita pilih atau bisa juga melalui hotel (beberapa hotel memiliki fasilitas support letter). Namun pastikan apakah hotel tersebut mau menerbitkan visa support letter dengan mencantumkan total masa kunjungan kita di Russia (termasuk kunjungan di kota lain yang tidak menggunakan penginapan mereka). Beberapa hotel berbintang memberikan free biaya support letter jika menginap di hotel mereka seperti Ibis St. Petersburg.

Format visa support letter ini harus dilengkapi dengan detailed itinerary yg ditandatangani dan stempel agent (contoh terlampir di bawah). Setiap pemegang passport harus memiliki visa support letter dan detailed itinerary, jadi jika Anda bepergian dengan teman atau keluarga, masing-masing nama harus membuat visa support letter.

Contoh visa support letter
Contoh visa support letter

 

Contoh Detail Itinerary lampiran support letter
Contoh Detail Itinerary lampiran support letter

Berikut ini agent visa support letter letter yang saya gunakan. Pengalaman saya, respon mereka cukup cepat. Jika Anda belum memiliki info, agent ini bisa digunakan sebagai alternatif :

www.destinationrussia.com dengan biaya USD 25 untuk support letter dan tambahan USD 8 untuk lampiran berupa detailed itinerary (lampiran ini wajib) untuk proses 48 jam.

alternatif agent visa support letter lain :

p://bronevik.com/en/info/russian-visa-invitation/ dengan biaya USD 24 untuk proses 24 jam.

6. Isi formulir e-visa di www/visa.kdmid.rv. Pada bagian pengundang, isi nama dan alamat travel agent yang menerbitkan visa support letter. info ini terdapat pada support letter. (Jangan sampai dikosongkan, karna nanti Anda akan diminta untuk print ulang yang berakibat bolak balik datang lagi ke sana).

7. Tempelkan 1 foto berwarna pada kotak foto yang tersedia di formulir visa (foto latar belakang putih ukuran 3 x 4)

8. Lampirkan passport, support letter berikut lampiran detailed itinerary dan invoice lunas dari hotel.

Untuk tiket pesawat dan asuransi kesehatan pengalaman saya tidak diwajibkan oleh pihak Consulate Russia. Bagi ibu rumah tangga yang berangkat tanpa suami diminta untuk melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir.

9. Datang ke embassy the Rusian Federation Consuler Section. Waktu pelayanan pkl. 09.00 – 13.00

lokasi di seberang Pasar Festival Kuningan, jika naik Trans Jakarta bisa berhenti di halte GOR Soemantri. Masuk dari pintu pagar ke-2, pencet tombol di pintu pagar, nanti pagar akan terbuka otomatis.

Perhatikan jadwal kunjungan, karena begitu jam 13.00 kantor benar benar tidak melayani pengunjung.

10. Bayar USD 70 untuk proses 10-14 hari kerja atau USD 140 untuk proses express 3 hari kerja untuk single entry visa

Tips ini saya susun berdasarkan pengalaman saya pada April 2017 lalu dan merupakan syarat standard dari Consulate Russia. Ada banyak versi pengalaman yang saya baca, karena sepertinya ada kalanya pihak Consulate melonggarkan regulasi. Namun saran saya sebaiknya ikuti syarat standard di atas agar tidak bolak balik ke Consulate. Karena informasi yang saya terima dari pemilik penginapan di Russia, syarat ini juga dimintakan oleh tamu hotelnya yang berasal dari negara lain baru baru ini (April 2017) sedangkan sebelumnya tidak pernah ada tamunya yang meminta invoice sebelum kedatangan.

Jika ada yang membutuhkan informasi lain, bisa langsung telpon ke Consulate Rusia di nomor :

(021) 5225795

Registrasi passport :
Pemerintah Rusia mewajibkan setiap turis yang berkunjung minimal 7 hari di Rusia untuk melakukan registrasi passport di setiap kota yang dikunjungi. Registrasi biasanya dilakukan di penginapan. Biaya registrasi setiap penginapan berbeda beda mulai dari 100 rubel hingga 300 rubel per orang. Namun ada juga penginapan yang tidak mengenakan biaya pada saat registrasi.

Penginapan akan melakukan registrasi berdasarkan data pada formulir /kartu kecil yang diberikan oleh imigrasi pada saat kedatangan pertama di Rusia (jangan sampai hilang).
Pastikan anda melakukan registrasi di setiap kota dengan cara pro aktif meminta penginapan melakukannya pada saat check in hotel/hostel. Jangan lupa meminta receipt bukti registrasi dari hotel dan gabungkan dengan passport agar sewaktu waktu ada pemeriksaan anda tidak kesulitan mencarinya.

Semoga lancar pengurusan visanya dan Selamat menikmati keindahan dan keunikan kota, bangunan serta budaya Russia😊

—————————-

Ternyata belajar Internet marketing dan bisnis online itu menyenangkan sekali.. Apalagi setelah bergabung di komunitas SB1M semua bisa satu milyar untuk mendapatkan income dari internet itu mudah dan ilmunya banyak sekali bisa diterapkan untuk bisnis apapun. Menariknya sudah ada kurikulum dan project-nya jadi bisa langsung belajar praktek dan menghasilkan... Tutorialnya selalu update dan ada mentornya.. huuwwwwwiiiwwww kereeeen bangeeeets..

Untuk informasi komunitas Sb1M hubungi : Sherly WA/SMS 08121034095

banner free member 300 x 250

8 thoughts on “Tips dan Cara Mengurus Visa Rusia

  1. hallo mba, mba nya bulan berapa ke rusia?
    saya mau tanya jika hotelnya sharing untuk bertiga gimana kah untuk mengurus visa supportnya? apakah nanti di invoice tertera nama tamu yg menginapa siapa aja?

    1. Halo indri,
      Saya awal mei 2017 lalu. Utk visa support tetap buat masing2 support letter walaupun satu penginapan dan lampirkan copy invoice yg sama. Yg penting tiap orang memiliki support letter dg itinerary (kota mana saja dan tanggal berapa kunjungannya).
      Utk invoice, pengalaman saya kemarin dg suami, invoice hotel atas nama saya tetap saya gunakan utk lampiran dokumen visa suami. Namun pengajuan visa dilakukan berbarengan ya

  2. Hi Mbak,

    Mau tanya itu cara dapetin Detailed Itinerary Support Letternya bagaimana ya? Karena saya cuma dapat Invitation Letter

    Saya sudah mengurus Invitation Letternya tapi dari embassy bilang masih ada yang kurang.

    Thnku

    1. Hi mas gunawan,

      Detailed itinerary bisa kita beli melalui agent pengurusan support letter. Kita email ke mereka itinerary kita, nanti mereka akan memindahkan data ke satu lembar dokumen yang mereka tandatangani dan berbahasa rusia. Contohnya ada di artikel.

      1. Mba kalau boleh tau kemarin dirimu kena prosesnya berapa hari ya?
        Selanjutnya untuk invoice hotel, boleh menggunakan voucher booking dari agoda gk ya?
        Karena pembayaran menggunakan CC dan saat ini kan blm dicharge sama pihak hotelnya.
        Mohon info ya Mba, makasih.

        1. Invoice harus dari hotel, utk dapat invoice hotel saya contact langsung ke hostelnya kejar sendiri invoicenya. Ada hostel nonrefundable yg terpaksa saya cancel karna tdk merespon utk mengirim invoice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *