Serba serbi berlibur dengan Campervan di New Zealand

Serba serbi berlibur dengan Campervan di New Zealand

Banyak yang berpendapat bahwa cara terbaik dan terpopuler menjelajahi keindahan alam New Zealand adalah dengan berkendaraan sendiri terutama menggunakan campervan atau motorhome. Berlibur dengan menggunakan campervan memberikan keleluasaan dalam perjalanan dimana setiap saat kita bisa stop untuk beristirahat atau piknik tanpa harus direpotkan mencari toilet, restoran maupun hotel.

Fasilitas dapur di dalam campervan membuat kita dapat menyiapkan makanan sendiri kapan saja dan dimana saja. Kita juga tidak perlu menyewa hotel untuk menginap karena kendaraan bisa disulap menjadi kamar tidur dan juga dilengkapi dengan toilet. Efeknya anggaran perjalananpun bisa menjadi lebih hemat.

Menikmati masakan sendiri di kursi dan meja piknik
Menikmati masakan sendiri dengan fasilitas yang tersedia di Motorhome

Pada saat memutuskan liburan menggunakan campervan di New Zealand, saya cukup dibingungkan dengan istilah Motorhome, Campervan dan RV karena semuanya hampir terlihat sama. Ditambah dengan minimnya informasi mengenai berkendaraan dengan campervan sehingga saya tidak mempunyai gambaran pasti untuk fasilitas yang ada di campervan tersebut, apa saja yang sudah tersedia (termasuk biaya sewa) dan apa saja yang harus disewa atau dibeli.

Untuk membantu traveler Indonesia yang ingin bercampervan namun belum punya gambaran detail, saya akan sharing info serba serbi mengenai campervan.

Semoga bermanfaat😊

Perbedaan Motorhome, Campervan, Caravan, RV & Self Contained Vehicle

1. Motorhome
Biasanya bagian belakangnya berbentuk seperti box panjang namun cabin pengemudi terhubung alias menyatu dengan cabin belakang. Karena bagian belakang berbentuk box, mengemudi seperti membawa truk kecil. Fasilitas di dalamnya lengkap seperti fasilitas di rumah dengan kapasitas 3 hingga 8 tempat tidur (berth), toilet, dapur, televisi, dvd, pendingin dan penghangat ruangan.

Motorhome kapasitas 6 berth
Motorhome kapasitas 6 berth
Tampak dalam motorhome 6 berth
Interior motorhome 6 berth. Terlihat di atas kabin driver ada space yang merupakan tempat tidur untuk 2 orang
Detail interior Motorhome 6 berth
Detail interior Motorhome 6 berth

2. Campervan
Biasanya berbentuk mobil van yang panjang 5 hingga 7 meter dengan kapasitas 2 hingga 3 tempat tidur (2-3 berth). Tidak ada kendala mengemudi yang berarti (selain ukuran panjang), dimana cabin pengemudi dengan bagian belakang menyatu dan compact, sehingga memudahkan mobilitas. Fasilitas campervan ini ada yang dilengkapi dengan toilet dan dapur, namun ada juga yang tidak.

Campervan Apollo kapasitas 2 berth
Campervan Apollo kapasitas 2 berth
Bagian dalam campervan 2 berth
Bagian dalam campervan 2 berth

3. Caravan
Merupakan Box berbentuk cabin yang tidak memiliki mesin, biasanya pada saat ingin digunakan untuk rekreasi harus ditarik dengan mobil ke tempat tujuan.

4. Recreational Vehicle (RV)
merupakan istilah yang digunakan untuk kendaraan yang bisa digunakan untuk camping. Motorhome dan campervan termasuk dalam kategori RV.

5. Self Contained Vehicle
Kendaraan yang memiliki fasilitas air bersih yang mencukupi, toilet, shower dan tank pembuangan air dan kotoran yang memadai sehingga pada saat kendaraan menginap di camper sites yang tidak memiliki fasilitas toilet dan shower, penggunanya bisa tetap menjaga kebersihan lingkungan tanpa meninggalkan sampah dan kotoran di tempat tersebut.
Kendaraan self contained di new zealand dilengkapi dengan sticker khusus, dimana campervan atau motorhome dengan sticker ini bisa bebas menginap di free camper site yang bertanda self contained vehicle

Contoh Sticker Self Contained
Contoh Sticker Self Contained

Setelah tau perbedaan istilah, yuk kita intip bagaimana fasilitas di dalam kendaraan tersebut.

Fasilitas Campervan dan Motorhome

1. Tempat tidur
Berbentuk bangku/sofa penumpang, pada saat malam bisa disusun menjadi tempat tidur double. Kapasitas tempat tidur ini dari 2 hingga 8 berth (orang). Untuk tipe motorhome, biasanya ada tambahan tempat tidur double di bagian atas pengemudi. Biasanya perusahaan campervan menyediakan fasilitas bantal dan selimut yang sudah termasuk dalam biaya sewa, namun ada juga yang mengenakan biaya tambahan.

Bangku sofa yang bisa disulap menjadi tempat tidur pada malam hari
Bangku sofa yang bisa disulap menjadi tempat tidur pada malam hari (motorhome 6 berth)

2. Lemari & Rak penyimpanan barang
Baik untuk campervan maupun motorhome, tersedia lemari untuk pakaian dan juga rak yang cukup banyak untuk penyimpanan barang dan peralatan masak. Jika waktu penggunaan campervan panjang, barang barang di dalam koper bisa dipindahkan dan disusun di rak penyimpanan tersebut agar memudahkan dalam mengambil karena tidak perlu bolak balik buka koper atau backpack.

3. Dapur
Tersedia kitchen sink untuk mencuci piring, Kompor gas ukuran 2-4 tungku, panci dan penggorengan, pisau dan sendok masak, piring, gelas dan sendok makan, serbet/lap tangan (kadang ada juga yang menyediakan sponge cuci piring), hingga oven dan toaster. Jadi kegiatan masak memasak tidak ada kendala karena seluruh perlengkapan telah tersedia.

Aktivitas memasak di dalam campervan bersama teman seperjalanan Mario & Dita
Aktivitas memasak di dalam campervan bersama teman seperjalanan Mario & Dita

4. Kulkas
Setiap motorhome maupun campervan biasanya dilengkapi dengan kulkas untuk menyimpan bahan makanan. Jadi tidak perlu khawatir jika terdapat sisa makanan dan bahan masakan masih bisa disimpan di dalam kulkas
Foto bahan masakan

5. Toilet
Untuk tipe motorhome, biasanya terdapat 2 ruang yang terpisah antara shower dan wc dan juga wastafel sehingga space nya cukup lapang. Sedangkan Campervan, biasanya toiletnya hanya satu ruang, dimana shower dan wc digabungkan (tdk ada fasilitas wastafel) dan ukuran sangat sempit. Saya dengan kategori tubuh sedang (tidak besar dan tidak gemuk) agak kesulitan untuk jongkok pada saat buang air kecil. Untuk yang bertubuh besar ataupun gemuk, sepertinya hanya muat untuk posisi berdiri.

Selain itu tersedia portable waste tank (WC). Sebelum menggunakan portable wc ini, diisi air dan masukan bubuk biru penghancur kotoran. Biasanya bubuk biru ini sudah disediakan beberapa satchet pada saat kita menyewa campervan. Jika dirasa kurang, kita bisa beli tambahannya.

Wastafel & portable waste tank (wc)
Wastafel & portable waste tank (wc)

6. GPS
Sebagian perusahaan campervan memberikan fasilitas free GPS dan sebagian lain ada yang menyewakan. Jika tidak memperoleh GPS, sebaiknya sewa karena sangat membantu dan memudahkan dalam perjalanan.

7. Perlengkapan tidur dan mandi
Fasilitas sewa biasanya sudah termasuk seperangkat bantal, selimut dan juga handuk sesuai dengan jumlah kapasitas tempat tidur kendaraan yang digunakan. Perlengkapan ini dibungkus masing masing per 1 set.
Pengalaman kami, jika campervan yang disewa berkapasitas 6 berth, perusahaan akan memberikan 6 set perlengkapan walaupun jumlah kami pada saat itu hanya 2 orang😄

8. Peralatan piknik
Meja dan kursi piknik merupakan pilihan yang menyenangkan untuk kita bersantai di tempat dengan pemandangan yang indah seperti di pinggir danau, sungai ataupun pantai. Tidak semua perusahaan campervan memberikan fasilitas gratis untuk fasilitas ini, jadi anda bisa pertimbangkan untuk menyewanya.

9. Snow Chain
Jika melakukan perjalanan pada saat musim dingin, snow chain merupakan kebutuhan wajib untuk keamanan Anda berkendara dijalanan bersalju. Jangan lupa sewa snow chain pada perusahaan campervan sebelum berangkat.

Roda yang menggunakan sow chain
Roda yang menggunakan sow chain

Cara menghemat Air bersih, power listrik & gas
1. Air bersih
Terdapat 2 tank air yang terdapat di campervan, yaitu tank air bersih (untuk toilet) dan tank air minum (untuk kran dapur). Jika tidak ingin repot sering mengisi tank, sebaiknya penggunaan air di campervan jangan disamakan dengan pemakaian normal di rumah.
Agar air tidak cepat habis, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :
– jangan membuka keran secara maksimum namun cukup dengan ukuran kecil atau seperlunya saja.
– Pada saat mencuci piring, matikan keran pada saat menaruh piring ke tempatnya atau jika menginap di holiday park manfaatkan fasilitas dapurnya untuk memasak dan mencuci piring
– Pada saat mandi hidupkan shower sesuai kebutuhan dan jangan ukuran maksimal atau pertimbangkan untuk mandi di tempat umum.
– Jika memungkinkan, upayakan untuk manfaatkan toilet umum. Pemerintah New Zealand banyak menyediakan fasilitas toilet dan shower gratis di tempat tempat wisata

Kran air minum vs air bersih
Kran air minum vs air bersih

2. Listrik
Power listrik dapat dihemat dengan meminimalisir penggunaan air hangat (water heater), oven, pemasak air, toaster dan lampu di cabin. Jika listrik habis, kita bisa recharge kembali.
Pengalaman kami, power listrik bisa bertahan 2 hingga 3 hari dan jika listrik menipis kami terpaksa menginap di holiday park agar bisa charge power semalaman. Kami belum punya solusi untuk tempat recharge power listrik gratis.

3. Gas
Biasanya pada saat serah terima campervan, gas diberikan dengan kondisi full, nanti pada saat pengembalian campervan gas harus dikembalikan dengan kondisi full. Pengisian Gas bisa dilakukan di pom bensin.
Gas ini diperlukan untuk menghidupkan kompor dan juga pemanas ruangan pada saat campervan dalam kondisi berhenti. Namun pada saat tidur, disarankan untuk mematikan gas.

Air bersih dan Pembuangannya
Kapan dan dimana mengisi air bersih, menguras pembuangan air kotor, dan wc
Pemerintah New Zealand sangat memperhatikan dan memanjakan pelancong yang menggunakan campervan. Tidak sulit untuk menemukan fasilitas pengisian air bersih/minum, tempat pengurasan air kotor maupun dump station untuk menguras isi wc secara gratis.
Untuk menghindari kekurangan air, sebaiknya setiap pemberhentian (minimal 1 kali sehari) isi penuh tangki air bersih. Begitu juga dengan pembuangan, usahakan minimal 1 kali sehari air pembuangan kitchen sink, toilet & shower dikuras untuk menghindari penuh dan tersumbat.
Biasanya jika tank pembuangan sudah penuh, air akan lama mengalir ke bawah seperti saluran tersumbat. Tentunya hal ini mengganggu kenyamanan. Jadi pastikan Anda melakukan pengurasan tank sebelum penuh.

Tempat pengosongan tank air kotor
Tempat pengurasan waste tank
Pengisian tank air bersih
Aksi Pak Sopir saat menunggu proses pengisian tank air bersih😁

Cara Penggunaan Portabel Waste Tank (Toilet)
Toilet yang tersedia dalam campervan berbentuk mirip toilet training anak, namun dengan tutup. Sebelum digunakan, waste tank tersebut diberi bubuk biru (saya lupa namanya) untuk penghancur kotoran sehingga pada saat dikuras, kotoran yang keluar berbentuk cairan yang tidak berbau. Namun kami kurang nyaman untuk menggunakan toilet tersebut sehingga selama 10 hari perjalanan tidak pernah mencobanya dan selalu memanfaatkan toilet di holiday park atau toilet umum. Jadi tidak pernah melakukan aktivitas pengurasan waste tank.

Tempat Menginap Campervan & Motorhome
1. Freedom Camper Site
Rasakan pengalaman seru menginap di alam terbuka dengan pemandangan langsung ke danau berwarna turquoise, sungai dengan barisan pohon pinus dan pegunungan dengan puncak bersalju atau pantai dengan laut biru😍😍

Pemerintah New Zealand sangat memanjakan pengendara campervan dengan menyediakan camper site di hampir setiap tempat dengan pamandangan indah. Area perkemahan milik departemen kehutanan New Zealand ini disebut DOC camp sites. Tempatnya terpencil dengan minim fasilitas biasanya hanya toilet dan air bersih tapi sewanya murah biasanya NZD$6 per orang. Jika beruntung, bahkan ada yang gratis atau sesukarelanya. Jika ingin berpetualang dan merasakan alam Selandia Baru yang asli, disarankan menginap di DOC camp sites. Namun di area perkemahan seperti ini, kita harus memastikan spesifikasi kendaraan kita memungkinkan untuk menginap disana karena jika ketahuan melanggar akan dikenakan denda yang cukup besar yaitu 200 NZD. Biasanya hanya campervan yang memiliki sticker self contained yang diperbolehkan menginap di Camper site minim fasilitas ini (tanpa toilet, shower & listrik sehingga malam hari suasana gelap gulita hanya mengandalkan penerangan dari campervan). Namun justru camper site tanpa fasilitas ini biasanya memiliki pemandangan yang sangat indah dan benar benar menyatu dengan alam. Malam hari akan terlihat jelas langit New Zealand yang bertabur bintang.

Nginap gratis dalam kegelapan sambil memandang taburan bintang di tepi Lake Pukaki
Nginap gratis dengan view bintang lima di tepi Lake Pukaki😍😍
Nginap gratis di dermaga yach Lake Taupo
Nginap gratis dekat dermaga yach di tepi Lake Taupo. Bisa puas puasin foto😄

2. Holiday Park
Selain di freedom camper site, Anda juga bisa menginap di holiday park. Pengalaman saya, holiday park ini saya manfaatkan disaat power listrik sudah menipis sehingga perlu recharge power yang tersedia di holiday park. Bagi yang kehabisan pakaian bersih juga bisa memanfaatkan untuk mencuci pakaian di mesin laundry yang tersedia.
Biaya sewa (parkir campervan) di holiday park berkisar 10-20 NZD /orang /malam dengan fasilitas umum yang bisa digunakan antara lain :
– Recharge power, isi air, pengurasan waste tank
– Dapur untuk memasak, panggang roti, cuci piring dll
– Kamar mandi
– Laundry

Bagi yang bosan tidur di campervan, tersedia juga kamar untuk disewa.

Kamar sewa di Holiday Park di Nelson
Kamar sewa di Kiwi Holiday Park, Nelson

Pembayaran sewa holiday park hanya menyerahkan kejujuran penyewa. Biasanya mereka tidak mencek jumlah orang yang ada di dalam campervan. Bahkan jika masuk malam disaat penjaga sudah pulang, dan pagi berangkat lagi pemilik holiday park juga tidak terlalu memperhatikan. Kami pernah masuk holiday park kemalaman sekitar pukul 11 malam di Hokitika, dimana penjaga sudah tidak ada. Besok paginya sebelum berangkat, kami ke receptionnya juga tidak orang, setelah berputar putar barulah bertemu dengan pemiliknya yang sedang sibuk merapikan kamar tamu yang baru check out. Oma tersebut agak kaget ketika kami melapor kalau kami masuk kemalaman dan jujur datang membayar sewa. Terlihat sekali jika si Oma berusaha mengapresiasi kejujuran kami dengan mencoba menyusunkan itinerary bagi kami di kota Hokitika 😍

Info lokasi camper site di New Zealand

Untuk mengetahui tempat-tempat menginap campervan ada website dan aplikasi yang cukup membantu. Cari saja aplikasi Official Camping NZ yang bisa diakses di android dan iOS atau klik saja https://www.rankers.co.nz/respect.
Sebagai tambahan di atas, lebih baik pelajari aturan jalan penting Selandia Baru sebelum Anda tiba.

Pembelian dan Konsumsi bahan bakar
Semakin jauh dari pusat kota, harga bahan bakar semakin mahal. Jadi usahakan untuk mengisi penuh bahan bakar sebelum Anda menuju ke daerah pinggiran.
Harga bahan bakar di New Zealand sangat mahal, hampir sama dengan Eropa. Untuk Bensin 17 – 20 NZD (konversi 1 NZD = Rp.9.800) atau sekitar Rp.17-20 ribu /liter, sedangkan Diesel lebih murah berkisar Rp.11-14 ribu / liter. Namun untuk diesel biasanya dikenakan pajak konsumsi dari pemerintah yaitu NZD 0,63/liter atau sekitar 6 ribu rupiah. Sehingga secara total biaya hampir sama dengan bensin.
Penggunaan bahan bakar untuk Motorhome biasanya lebih boros karena ukuran lebih besar, dimana 1 liter digunakan untuk menempuh jarak 7 km. Sedangkan untuk Campervan karena lebih compact konsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan motorhome, dimana 1 liter bisa digunakan untuk jarak 9 km.

Mengisi bahan bakar
Mengisi bahan bakar

Setelah melakukan pengisian bahan bakar, pembayaran dilakukan di dalam swalayan yang tersedia berada di dalam kawasan pom bensin. Biasanya bukti pembayaran bahan bakar memberikan diskon untuk belanja di swalayan tersebut.

Lookout Point
Setiap kelokan di New Zealand akan membuat Anda terperangah dan tentu saja bagi turis Indonesia tidak tahan untuk tidak stop untuk foto😜😄
Tenang.. pemerintan New Zealand ternyata sudah memikirkan hal itu. Walaupun jalanan sempit, namun disediakan tempat stop khusus untuk berfoto atau sekedar menikmati pemandangan hampir di setiap tempat indah yang ditemui di jalanan. Jadi jangan berhenti sembarangan ya, cukup cari tempat stop yang sudah disediakan.

Pemandangan lookout point di Greymouth
Pemandangan lookout point di Havelock
Memanfaatkan foto foto di lookout point catlins. Ngga mau rugi😜
Ngga mau rugi foto foto bentar di lookout point catlins😜

Stop Point (Tempat Piknik)
Selain lookout point untuk berhenti sejenak, juga banyak ditemukan stop point atau tempat piknik yang ditandai dengan gambar pohon dan bangku.

Tempat ini bisa dimanfaatkan untuk istirahat sejenak maupun piknik. Biasanya tersedia bangku untuk berpiknik menyantap makanan dan juga toilet.

Memanfaatkan masak dan makan di stop point
Memanfaatkan masak dan makan di stop point

Anda juga memanfaatkan untuk memasak dan menyiapkan makanan. Fasilitas ini bisa digunakan secara gratis. Enak kan.. Jadi walaupun New Zealand negara yang serba mahal, tapi turis sangat dimanjakan dengan fasilitas excellent di perjalanan dan tempat wisata milik pemerintah.

Stop point di Lake Mapourika dekat Franz Josef Glacier
View keren di stop point tepi Lake Mapourika dekat Franz Josef Glacier. Banyak tempat indah tanpa membutuhkan perjuangan, tinggal stop dan parkir mobil😍

Hal  perlu diperhatikan dalam berkendaraan di New Zealand 

1. Siapkan Lisensi dan Surat Izin Mengemudi International. Khusus untuk campervan, pengemudi harus berusia minimal 21 tahun.


2. Jangan tinggalkan campervan di sembarang tempat, karena banyak burung Kea yang suka mematuk karet jendela mobil/campervan

3. Pastikan Anda memahami kondisi cuaca ekstrem, jalan yang sempit dan berkelok, serta peraturan jalan yang berbeda sebelum Anda memulai perjalanan.

4. Di luar kota-kota utama, sangat sedikit jalan raya. Sebagian besar jalan berupa jalan tunggal dua arah tanpa pembatas di antaranya. Anda mungkin juga menjumpai jalan kerikil. Luangkanlah banyak waktu, mengemudi dengan perlahan, dan menepi di tempat aman jika kendaraan lain ingin menyusul dari belakang Anda.

5. Selalu tambahkan waktu lebih dari yang perkiraan waktu yang diperhitungkan GPS. Contohnya: Hokitika ke kota Haast, tempat mengemudi populer bagi pengunjung yang berhenti untuk melihat gletser, dimana GPS menginformasikan perkiraan 3 jam mengemudi singkat. Namun kenyataannya harus meluangkan hingga 4 jam mengemudi karena jalan berkelok-kelok. Ini akan sering ditemukan selama berkendara di South Island.

6. Periksa selalu prakiraan cuaca sebelum berangkat, dan sesuaikan rencana Anda. Jika Anda mengemudi di South Island pada musim dingin, musim semi, atau akhir musim gugur, kemungkinan ada salju.

7. Jalan musim dingin bisa berbahaya seperti salju, es, dan kabut sudah biasa pada musim dingin, terutama di South Island dan di sekeliling gunung yang dilewati. Pastikan Anda memperoleh petunjuk dari prakiraan cuaca untuk wilayah yang Anda lewati, jaga jarak dan pastikan Anda bepergian dengan snow chain (bisa disewa pada perusahaan campervan) dan pastikan Anda mengerti bagaimana cara memasangnya.

8. Tidak semua perlintasan kereta api di Selandia Baru memiliki alarm otomatis. Hanya setengah dari 1500 perlintasan kereta api di Selandia Baru yang memiliki alarm otomatis. Bila lampu merah hidup, itu artinya kereta datang, jadi berhentilah dan lanjutkan setelah lampu berhenti berkedip. Perlintasan lain memasang tanda ‘Perlintasan Kereta Api’ dan hanya plang sebagai isyarat berjalan atau berhenti. Jika Anda melihat ini, berhentilah, perjatikan ke kedua arah dan hanya melintasi rel jika tidak ada kereta mendekat.

9. Prinsip utama berkendaraan di New Zealand adalah mengutamakan pengendara di sebeah kanan. Di setiap bundaran, tunggu giliran anda hingga tidak ada pengendara melaju dari sebelah kanan.

10. Untuk mendahului kendaraan lain, gunakan jalur sebelah kanan. Dan pastikan anda mendahului di tempat yang sudah disediakan yang biasanya disebut passing lane. Setelah mendahului, kembalilah ke jalur kiri

11. Batas kecepatan maksimal berkendara di New Zealand adalah 100 km per jam . Meskipun banyak jalan sepi yang menggoda kita untuk ngebut, tetaplah dalam batas 100 km per jam karena banyak patrol polisi di pinggir jalan ataupun kamera yang siap melaporkan segala pelanggaran. Jika memasuki kota, maka batas kecepatan maksimal akan turun hinggal 40 km per jam. Tetap patuhi walaupun jalanan sepi dan kosong, karena jika melanggar warga tidak segan segan melaporkan ke polisi dan polisi akan mengejar kendaraan Anda hingga ke kota berikutnya.

Plang info maksimum kecepatan kendaraan
Plang info maksimum kecepatan kendaraan. Jika memasuki kota maksimum 40-50 km/jam

12. Dalam perjalanan jika menemukan pemandangan cantik, sebaiknya jangan berhenti sembarangan karena sudah ada tempat yang disediakan yang disebut lookout point

—————————-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *