Panduan Lengkap Wisata Phuket & Phi Phi Island

Panduan Lengkap Wisata Phuket & Phi Phi Island

Phi Phi islands adalah salah satu tujuan wisata utama Thailand. Untuk mengunjungi tempat ini bisa melalui 2 bandara terdekat yaitu : Phuket dan Krabi. Banyak juga backpacker yang melakukan perjalanan darat dari Malaysia melalui Krabi. Artikel ini akan membahas perjalanan melalui Phuket, namun hanya sebagai tempat transit sedangkan wisatanya fokus di Phi Phi island.

Tiket Pesawat Promo ke Phi Phi Island

Harga tiket pesawat full service Jakarta – Phuket sekitar Rp. 3-5 juta pulang pergi. Jika ingin mendapatkan harga murah, lakukan pemesanan maskapai low cost carrier seperti Air Asia, Jet Star dll beberapa bulan sebelumnya dengan harga mulai dari Rp. 900 ribu pp (bagasi cabin 7 kg termasuk berat tas tenteng). Atau jika tidak memperoleh harga sesuai harapan, bisa juga dimodikasi dengan transit 1-2 hari di kuala lumpur untuk memperoleh harga lebih murah sekalian wisata kuliner.

Bagi pengejar tiket promo, biasanya jadwal penerbangan tiket murah berangkat pada jadwal malam hari atau landing malam hari di Phuket. Kedatangan di malam hari atau keberangkatan pagi hari bukanlah masalah, tersedia cukup banyak penginapan di dekat Phuket International Airport yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki bahkan yang memberikan fasilitas free airport transfer alias jemput dan antar gratis. Pastikan Anda mengabari jadwal kedatangan Anda ke hotel untuk penjemputan.

Rekomendasi Hotel transit di Phuket :
Phuket Airport Place
Kamar luas dan bersih. Harga kamar double (kapasitas 2 orang) mulai dari 400 ribu rupiah per malam.

Lokasi 1 : berada di seberang jalan raya depan gerbang bandara, jalan ke arah kiri sekitar 100-200 meter akan terlihat hotelnya di sebelah kanan jalan.

Lokasi 2 : berada sekitar 5 menit berkendara dari bandara. Berada sekitsr 100 meter dari jalan raya. Namun tidak ada masalah karena hotel menyediakan fasilitas free airport transfer.
Untuk muslim, saya sarankan pilih lokasi yang kedua, karena mudah memperoleh makanan halal di lokasi ini. Pada siang hingga malam hari terdapat restauran halal di depan jalan raya, dan pagi harinya sejak jam 6 subuh sudah banyak foodstreet halal di jalan raya tersebut, tidak susah menentukan halal tidaknya karena umumnya pedagang muslim menggunakan kerudung/jilbab dan kopiah.
Mulai dari nasi minyak ayam dengan sambel asam manis khas thailand (recommeded), kue jajanan pasar, dimsum hingga thai tea sudah tersedia sejak pagi hari.
Semuanya enaak dan muraah😍😍

Transportasi Bandara ke kota Phuket
Jika Anda ingin berhemat, bisa menggunakan bus dari bandara ke kota Phuket.

Di bandara Phuket terdapat transportasi umum Airport Bus Express berkisar 100 s.d 200 baht per orang (tergantung rute tujuan anda di kota Phuket). Jadwal bus terakhir jam 21.00 malam.

Lokasi Halte :
Keluar dari gedung kedatangan beloklah ke kiri hingga bertemu halte bus (tidak terdapat ciri ciri khusus untuk halte, namun bisa keliatan dengan susunan kursi yang disediakan bagi penumpang yang menunggu bus). Busnya berwarna orange atau bisa juga berbentuk mobil van (mobil untuk travel dengan kapasitas hingga 10 orang.

Atau jika ingin langsung ke Rassada Pier (pelabuhan ferry untuk ke Phi Phi island) bisa menggunakan taksi rekanan dari hotel. Sebagai referensi, kami dikenakan 600 bath dari hotel bandara ke Rassada Pier. Pada saat pulang kami tanyakan untuk menjemput besok harinya, dikenakan biaya 500 bath dari Rassada Pier ke hotel bandara (diberi diskon 100 bath oleh sopirnya Mr. Aumat karena sesama muslim katanya. Plus bonus dibawa mampir ke Phuket Old Town)

Tranportasi Phuket ke Phi Phi island
Jarak kota phuket ke pelabuhan ferry Rassada Pier sekitar 45 menit atau 1 jam jika dari airport. Perjalanan ferry menuju pelabuhan Ferry Tonsai Pier di Phi Phi island sekitar 2 jam. Jadwal ferry paling pagi dari Phuket ke Phi Phi island adalah jam 8.30 pagi.

Harga tiket yang ditawarkan jika beli di pelabuhan adalah :
– Phuket – Phi Phi (sekali perjalanan) 600 Bath per orang
– Phuket – Phi Phi bolak balik (2x perjalanan) 1000 Bath per orang

Kemarin atas bantuan Mr Aumat sopir taksi, kami diberikan harga 1.500 bath untuk tiket pulang pergi 2 orang (hemat 500 bath). Lagi-lagi memperoleh harga khusus dari saudara muslim. Alhamdulillah..

Jika Anda memutuskan untuk membeli tiket pergi saja, harga tiket pulang dari Phi Phi ke Phuket adalah 350 Bath, sehingga total harga tiket pp menjadi 950 bath atau sekitar Rp.400 ribu (lebih hemat 50 Bath dibanding beli tiket pp langsung di rassada pier).

Anda juga bisa membeli tiket secara online bisa melalui : www.phuketferry.com
Harga tiket mulai dari 23.18 usd pp per orang atau sekitar Rp.300 ribu. Lebih murah sekitar 100 ribu dibanding beli langsung di pelabuhan.

Tiket online ini hanya bisa dibeli untuk pembelian maksimum 1 hari sebelumnya ya, tidak bisa untuk keberangkatan hari yang sama.

Suasana dan pemandangan di atas ferry
Suasana dan pemandangan di atas ferry

Pemandangan indah akan Anda dapatkan selama perjalanan, terutama mendekati Phi Phi island. Jika ingin mendapatkan view terbaik, pastikan pilih tempat duduk di deck ke-3 atau paling atas dan terdepan. Selain itu posisi paling atas ini terhindar dari percikan air laut selama perjalanan.

Bagi wanita yang membawa koper, jangan khawatir karena di kedua dermaga tersedia petugas ferry yang akan secara langsung membantu mengangkut koper masuk dan keluar ferry.

Penginapan di Phi Phi island
Terdapat banyak penginapan di dekat pelabuhan ferry Tonsai Pier, berjarak mulai dari 100 meter dari pantai, dengan harga terjangkau (mulai dari Rp. 400 ribu per malam untuk kamar double). Di daerah ini banyak terdapat restoran (termasuk restoran halal), supermarket lengkap dengan mesin ATM serta agen tour yang menawarkan hopping islands. Namun suasana agak bising karena banyak terdapat bar dengan musik yang hidup hingga larut malam.

Jika ingin suasana tenang, Anda bisa memilih penginapan ke arah bukit yang biasanya memiliki view yang indah. Namun kekurangannya adalah tidak ada kendaraan di pulau ini maka diperlukan sedikit perjuangan jalan kaki menuju hotel dengan jalanan menanjak dengan jarak sekitar 500-800 meter (tergantung lokasi penginapan). Biasanya penginapan mengutus petugasnya di luar dermaga ferry dengan membawa plang nama hotel, dan petugas tersebut membantu membawakan koper dan bawaan tamu hingga ke penginapan.

Pemandangan dari Phi Phi Top View Resort

Waktu ideal menikmati pulau ini adalah 2 hari agar bisa melakukan hopping islands, menikmati pantai atau bermain kayak/canoe. Namun jika Anda dibatasi oleh waktu, bisa berangkat pagi hari dari phuket jam 8.30 dan esok harinya kembali ke phuket dengan ferry terakhir pukul 14.30 siang.

Hopping Islands dari Phi Phi Island
Wisata hopping island ini adalah tujuan utama wisatawan ke Phuket yaitu mengunjungi pantai indah Maya Bay yang pernah menjadi lokasi shooting film Leonardo DiCaprio yaitu The Beach. Sehingga lokasi ini sekarang menjadi sangat penuh dikunjungi wisatawan.

Tapi tenang.. di bawah akan saya berikan alternatif dan tips jika ingin memperoleh suasana sepi di kedua pantai tersebut😉

Terdapat 3 pilihan cara untuk mengunjungi pulau pulau di Phi Phi Island, silakan tentukan sendiri sesuai selera :

1. Private Longtail Boat
Cara ini merupakan sewa kapal secara pribadi (tanpa gabung degan orang lain) dan juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghindari suasana pulau yang ramai, yaitu dengan sewa private longtail boat (perahu nelayan). Berangkatlah pagi hari (sebaiknya jam 6 pagi) dari Phi Phi island menuju Maya Bay terlebih dahulu jika ingin mendapatkan kondisi pantai benar-benar sepi.

Dermaga long tail boat dengan air bening berwarna biru turquoise
Dermaga long tail boat dengan air bening berwarna biru turquoise

Sesampai di sana kapal-kapal yang membawa rombongan tour belum sampai karena biasanya baru akan berdatangan jam 9 pagi. Namun belakangan ini karena semakin meningkatnya kunjungan wisatawan, banyak tour agent yang menawarkan paket early morning tour yang berangkat pada pukul 6.30 dari Phi Phi island sehingga sebelum jam 7 pantai Maya Bay sudah ramai dengan pengunjung dan semakin siang mulai jam 9 pagi akan menjadi lautan manusia.

Patokan harga sewa :
Sewa Half Day (3 jam) : 1500 Bath
Sewa Full Day (6 jam) : 3500 Bath

Harga tersebut sudah termasuk air mineral dan pamakaian alat snorkling. Jika Anda ingin menambahkan waktu, pengalaman kami dikenakan 300 Bath untuk tambahan 1 jam tour. Jangan lupa bawa makanan karena tidak ada penjualan makanan di sana.

Rekomendasi tour agent yang kami gunakan :
Pemiliknya seorang muslim bernama Fatimah. Karena sesama muslim, kami diberikan diskon 150 Bath untuk pembelian paket 3 jam, dimana agent yang lain tidak bisa ditawar. Lagi-lagi dapat kemurahan dari saudara muslim. Alhamdulillah…

Foto bareng Fatimah di depan counternya
Foto bareng Fatimah di depan counternya

Lokasi kantor Fatimah berada dekat dermaga ferry, begitu keluar dari dermaga langsung belok kanan di pinggit pantai. Kurang lebih 20m Anda akan menemukannya.

Keuntungan lain alternatif ini adalah Anda bisa bebas dari biaya registrasi (uang masuk) Maya Bay sebesar 400 Bath per orang. Perjalanan saya berdua teman, jadi hemat 800 bath atau sekitar Rp.300 ribuan. Alhamdulillah..😇

Jangan lupa sarapan dan cemilan karena tidak ada fasilitas makan untuk sewa privat ini. Sekalian menikmati piknik dengan pemandangan spektakuler di salah satu pantai.

2. Paket one day atau half day tour
Jika tidak mau repot, bisa ambil paket tour gabungan dengan turis lain. Paket ini sudah termasuk tour beberapa pulau, snorkling dan makan siang. Namun jangan kecewa jika sesampai di Maya Bay pantainya ramai kayak cendol😁.
Harga paket tour dari Phi Phi island mulai dari 600 Bath per orang.

3. Maya Bay Sleep aboard
Paket ini merupakan tour bermalam di atas perahu di pantai Maya Bay sehingga bisa menikmati pantai dalam kondisi sepi pada malam dan pagi hari. Berangkat siang hari pkl 3.00 dan kembali esok paginya pkl. 10.00.

Harga paket 5.000 Bath per orang sudah termasuk makan, tempat tidur dan barbeque night. Cocok bagi pasangan yang berbulan madu. Usahakan reservasi beberapa bulan sebelumnya karena kapasitas terbatas hanya 25 orang per hari sehingga sering full booked.

Reservasi langsung melalui web : mayabaysleepaboard.com

Email: phil@krabikonnect.com

Skype: philraby

Tel: +66 8 2414 6931

Jika Anda tidak menginap di Phi Phi island, juga bisa mengambil paket dari Phuket
Pilihan ini bagi yang tidak mau repot melakukan penyeberangan ferry sendiri ke phi phi island.
Fasilitas paket biasanya sudah termasuk penjemputan ke hotel, alat snorkling dan makan siang.
Kekurangannya adalah, karena ini tour gabungan sehingga harus pasrah melihat pantai yang sangat ramai dengan turis.

Patokan harga paket one day dari Phuket town 1.400 – 2.000 Bath. Namun belum termasuk biaya masuk ke maya bay sebesar 400 bath per orang.

Tour dari Phuket yang banyak direkomendasikan oleh traveler Indonesia adalah Miss Ladda

No telp 0894847070 (international call +66)

PENTING :
– Setiap pembelian paket tour atau pembayaran DP, Jangan lupa minta resi sebagai bukti pada saat tour!
– Jangan lupa bawa snack karna beli di kapal pilihan makanan terbatas dan harga tentunya mahal.

Makanan Halal di Phi Phi Island
Bagi muslim, Anda boleh bergembira karena tidak ada masalah dengan makanan halal karena banyak penduduk di sini yang muslim. Sehingga mudah menemukan makanan halal mulai dari restoran Halal hingga foodstreet halal. Biasanya terdapat tulisan halal di depan restaurant atau jika foodstreet biasanya pedagang menggunakan jilbab/kerudung.

Di sini juga terdapat pasar kecil yang menjual jajanan pasar dan beraneka makanan tradisional Thailand seperti Papaya Salad yang langsung dibuat pada saat kita order, lauk pauk, aneka bakery dan juga mango sticky rice. Puas puasin deh menikmati kuliner halal dan murah Thailand di sini😍😍😍

SIM Card
Di bandara Phuket terdapat beberapa counter provider selular yg menawarkan SIM Card gratis. Utk mengisi data dan pulsa bisa dilakukan di supermarket Seven Eleven yang banyak terdapat di Phuket dan Phi Phi island.

Pengalaman perjalanan 3 hari 2 malam di Phuket dan Phi Phi island yang kami lakukan alhamdulillah lancar tanpa mengalami scam, penipuan dan hal-hal serupa seperti yang saya dengar dari traveler lainnya. Masyarakat disana juga cenderung ramah dan sangat welcome dengan turis.

So.. Happy Travelling😊

 

——————————————————-
Panduan ini ditulis berdasarkan kunjungan November 2017
——————————————————-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *