One Fine Day in Andorra

One Fine Day in Andorra

Andorra merupakan salah satu negara terkecil di dunia yang berada di pegunungan Pyrenees antara Prancis dan Spanyol. Wilayah yang kecil dan berada di pegunungan, membuat negara ini tidak memiliki bandar udara. Jika ingin mengunjungi negara ini bisa naik bus atau kereta melalui kota terdekat di Prancis atau Spanyol.

Turun dari kereta, disuguhkan pemandangan pegunungan dan bangunan ala country
Turun dari kereta, disuguhkan pemandangan pegunungan dan bangunan ala country

Saat itu kami melalui kota Toulouse, Prancis dengan kereta. Stasiun kereta berada di pinggir kota yang agak sepi sekitar 30 menit perjalan ke pusat kota. Jadi disarankan sebelum berangkat sudah mempunyai contact person taxi yang janjian menjemput di stasiun. Jika tidak, Anda bisa singgah di restoran sebelah stasiun untuk minum hot chocolate dan setelah itu meminta bantuan pemilik restoran untuk memesan taxi menuju kota Andorra La Vella. Alternatif lainnya, dengan hitchhiking alias nebeng dengan cara menyetop kendaraan di pinggir jalan untuk meminta tumpangan.

Jalan yang kami lalui menuju kota Andorra La Vella, ibukota negara Andorra dikelilingi dengan pegunungan berpuncak salju dengan suasana yang mirip dengan Swiss dan memberikan pemandangan spektakuler.

Pemandangan pegunungan mendominasi selama perjalanan
Pemandangan pegunungan mendominasi selama perjalanan

Bangunan terlihat seragam dengan arsitek ala country yang memanfaatkan batu alami tanpa cat dan jendela kayu terlihat semakin mempercantik pemandangan dalam perjalanan.

Kunjungan kami saat itu akhir Juni 2013 yang berarti sudah masuk musim panas. Namun puncak-puncak gunung yang kami lalui masih bersalju. Udara cukup dingin, namun karena teriknya cahaya matahari membantu merubah suhu menjadi sejuk. Kamipun memanfaatkan untuk berfoto di puncak gunung salju, cukup berhenti dipinggir jalan dan kami telah berada di puncak gunung salju😍

Foto di gunung salju tanpa perjuangan pendakian😄
Foto di gunung salju tanpa perjuangan pendakian😄

Kota Andorra La Vella berada di lembah yang dikelilingi oleh pegunungan. Kota ini sangat kecil dan tenang. Warga Andorra menggunakan bahasa Catalan (bahasa daerah Spanyol) sebagai bahasa resmi. Namun, sebagian warga mengerti bahasa Prancis, Spanyol dan Portugis.

Kota Andorra La Vella dari kejauhan
Kota Andorra La Vella dari kejauhan

Negara Andorra ini terkenal dengan wisata winter sport dan juga belanja barang branded yang bebas pajak sehingga harga menjadi jauh lebih murah dibanding negara eropa lainnya. Buat pecinta shopping, Andorra menjadi surga belanja😍😍

Kota Andorra La Vega
Pusat kota Andorra La Vella

Sebagai contoh, pada saat itu saya memperoleh longchamp tipe le pliage, 3D bag dan leather tote dengan harga hanya 30-50% dibandingkan harga resmi di Prancis. Untuk produk fashion Zara, Pull & Bear dan Mango harganya bahkan lebih murah daripada Barcelona (negara asalnya). Nah.. bagaimana, harganya cukup menggiurkan ya😁

Kunjungan sehari kami ke Andorra terasa kurang karna saat itu hanya fokus untuk shopping dan belum sempat menikmati keindahan alamnya yang saya yakin sangat worthed untuk di explore selama 2 hingga 3 hari. Insya allah next time diberi kesempatan lagi untuk berkunjung ke negara mungil ini.

———————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *