Menikmati Sewa Gratis Campervan di New Zealand melalui Fasilitas Relocation Car

Menikmati Sewa Gratis Campervan di New Zealand melalui Fasilitas Relocation Car

Relocation Car atau Transfer Car adalah Penawaran dari perusahaan rental mobil untuk memindahkan mobil atau campervan dari suatu kota ke kota lainnya dalam periode yang ditentukan dimana perusahaan rental akan memberikan subsidi biaya bahan bakar, biaya ferry penyebrangan antar pulau atau subsidi dalam bentuk lainnya.

Hal ini merupakan win win solution bagi perusahaan rental dan calon penyewa mobil. Dimana perusahaan rental tidak perlu membayar orang untuk mengangkut kendaraannya pindah kota dan calon penyewa tidak perlu membayar biaya sewa kendaraan yang dibutuhkan atau kadangkala membayar sewa dengan nilai yang jauh lebih rendah dari tarif seharusnya.

Hal yang perlu diperhatikan untuk relocation car :
1. Relocation car ini cocok bagi Anda yang memiliki schedule yang flexible karena biasanya penawaran baru akan muncul 3 hingga 5 minggu sebelum jadwal. Dan penawaran relocation bisa dibatalkan oleh perusahaan 7 hingga 14 hari sebelum tanggal penggunaan. Jadi bagi Anda yang menginginkan perjalanan well prepare, hal ini kurang sesuai. Berita baiknya, walaupun waktu penawarannya mepet, biasanya penawarannya cukup banyak. Sebaiknya subscribe website perusahaan yang menawarkan transfer car, agar kita selalu update dengan penawarannya.
2. Penawaran penggunaan mobil dan campervan secara gratis biasanya diberikan untuk jangka waktu 1-5 hari, tergantung jarak tempuh kota tujuan. Kadangkala perusahaan rental memperbolehkan penambahan periode 2-10 hari dengan memberikan biaya sewa khusus untuk penambahan hari tersebut, namun biaya ini tetap jauh lebih murah dibandingkan biaya sewa normal.

Britz Campervan Kapasitas 6 tempat tidur
Britz Campervan Kapasitas 6 tempat tidur

3. Pada saat pengambilan kendaraan, Perusahaan relication akan melakukan pendebitan  kartu kredit kita sebesar 1.000 NZD sebagai deposit yang nantinya akan dikembalikan full jika kendaraan dalam kondisi baik

4. Sama dengan sewa, biaya asuransi belum termasuk dalam penawaran relocation ini. Untuk wilayah New Zealand khususnya South Island dengan kondisi jalan yang sepi dan masyarakat yang sangat tertib dalam berkendaraan, resiko terjadi kecelakaan kecil sekali. Namun berdasarkan pengalaman traveler lain, biaya perbaikan kendaraan yang ditagihkan perusahaan rental cukup tinggi jika terjadi kerusakan kendaraan. Jadi Anda yang putuskan apakah akan melakukan pembayaran tambahan untuk asuransi ataukah tidak.

5. Biasanya fasilitas relocation ini sudah termasuk dengan mobile GPS, peralatan masak dan makan, bantal, selimut, handuk, meja dan kursi piknik, butiran mineral pembersih toilet (penghancur kotoran). Namun ada juga yang belum termasuk, telitilah memperhatikan detail penawarannya.

6. Campervan menggunakan gas untuk kompor dan heater. Gas ini biasanya sudah diisi penuh oleh perusahaan dan pada saat pengembalian mobil gas harus kembali dalam kondisi penuh. Pengisian gas bisa dilakukan di pom bensin.

7. Pada saat pengembalian campervan, perusahaan mewajibkan kendaraan dikembalikan dalam keadaan bersih, tabung pembuangan air dan box toilet sudah dibongkar dan dalam keadaan kosong. Namun ada juga perusahaan yang menawarkan pengembalian dalam keadaan tanpa dibersihkan dengan mengenakan biaya tambahan.

8. Perhitungan hari sewa untuk relocation dihitung mulai dari tanggal kendaraan diambil hingga tanggal pengembalian. Contoh : pengambilan tanggal 1 dan pengembalian tanggal 5, dihitung sebagai 5 hari sewa, walaupun perhitungan efektif pemakaian untuk tanggal tersebut hanyalah 4 hari.

9. Untuk relocation, perusahaan memberikan batas maksimum pemakaian dalam km, yang ditetapkan sesuai dengan jarak tempuh kota asal dan tujuan. Untuk kelebihan km, akan dikenakan biaya tambahan. Biasanya untuk relocation dalam pulau yang sama, diberikan free jarak tempuh sejauh 750 km. Sedangkan antar pulau diberikan free 1.350 hingga 2.000 km. biaya tambahan per km pada tahun 2016 lalu sebesar 0.28 NZD.

Ketentuan Relication Campervan dari Perusahaan THL
Ketentuan Relocation Campervan dari Perusahaan THL

Website yang menawarkan transfer / relocation car

Sebelum memutuskan untuk menggunakan fasilitas relocation, saya sarankan untuk berlangganan email dari website yang menawarkan fasilitas ini. Banyak perusahaan rental car yang menawarkan relocation, bahkan terdapat web yang khusus menawarkan relocation saja.

Berikut website yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh penawaran relocation di wilayah New Zealand dan Australia :
– https://www.transfercar.com.au/search

– http://www.apollocamper.com/reloc.aspx

– http://www.maui-rentals.com

– http://wilderness.co.nz/special-offers

– https://www.jucy.co.nz/jucy-deals

– http://www.britz.com.au

Menikmati sewa gratis Campervan yang mahal melalui Relocation Campervan

Berikut saya share pengalaman pada November 2016 lalu saat mencoba relocation campervan. Kami mengambil penawaran dari 2 perusahaan campervan di New Zealand dan membagi 2 periode perjalanan yang bertujuan memaksimalkan fasilitas relocation sehingga dapat meminimalisir biaya.

Awalnya kami mengambil 2 penawaran relocation dari perusahaan yang sama yaitu THL yang mengelola relocation campervan perusahaan Britz, Maui dan Mighty. Namun 2 minggu sebelum keberangkatan, relocation ke-2 dengan rute Christchurch – Auckland dibatalkan oleh THL. Kondisi ini cukup bikin panik, karena sebelumnya kami kurang terinformasi mengenai kemungkinan pembatalan ini. Akhirnya kami browsing ulang dan memperoleh penawaran baru dari perusahaan Apollo campervan

I. Relocation Pertama, Britz Frontier 6 Berth Campervan (Queenstown ke Christchurch)

Penawaran relocation ini kami dapatkan dari website transfercar.com yang dikelola oleh agen bernama THL. Dimana kami memperoleh campervan 6 berth dari Britz (perusahaan campervan yang kendaraannya paling banyak ditemukan di New Zealand). Campervan besar dengan kapasitas 6 tempat tidur, toilet 2 bagian yaitu ruang shower & wash tovel, sink &  kompor listrik 4 tungku dan banyak laci penyimpanan barang. Peralatan masak dan peralatan makan keramik serba putih seperti hotel. Lengkap dan lapang banget karena saya menggunakannya hanya berdua suami.

Seperti bawa apartemen keliling deh😍😍

Interior Britz Campervan Frontier 6
Interior Britz Campervan Frontier 6

Fasilitas Free Relocation Britz Campervan :
– free penjemputan ke bandara menuju kantor THL untuk pengambilan campervan
– free GPS
– peralatan masak dan makan
– Free perlengkapan tidur dan mandi (bantal, selimut, handuk, mineral pelarut kotoron toilet)
– Free meja + 2 kursi piknik.

Biaya sewa relocation car :
– Biaya free days relocation 5 NZD per hari selama 4 hari = 20 NZD
– Sewa tambahan 1 hari = 100 NZD
– Biaya kelebihan km = 120 NZ
Total biaya untuk pemakaian 4 hari sebesar 240 NZD.

Pada tanggal yang sama saat saya cek untuk campervan serupa dikenakan biaya sewa 350 NZD per hari, jika disewa 4 hari berarti biayanya sekitar 1.400 NZD. Sangat jauh dengan biaya 240 NZD yang kami keluarkan dengan memanfaatkan relocation kan😉

Berikut saya lampirkan perkiraan biaya sewa Britz campervan tipe frontier 6 selama 5 hari pada bulan November 2017 nanti.

Total sebesar 2.475 NZD😱😄

Contoh Biaya Sewa Britz Frontier 6 Berth
Contoh Biaya Sewa Britz Frontier 6 Berth

Saat kami menanyakan perihal perlu tidaknya menggunakan asuransi, staff THL menginfokan bahwa mengendarai campervan di NZ sangat nyaman asal kita tertib dengan peraturan berlaku akan aman. Sejauh kendaraan dikembalikan tidak penyok, lecet ringan tidak terlalu diperhatikan dan tidak dikenakan ganti rugi. Jadi kami tidak menggunakan asuransi untuk campervan Britz ini.

Rute yang kami tempuh :
Queenstown – Te Anau – Milford Sound
Milford Sound – Catlins
Catlins – Dunedine – Twizel
Twizel – Lake Pukaki – Lake Tekapo
Lake Tekapo – Christchurch

Sesampai di Christchurch, langsung mengembalikan campervan dimana lokasi pengembaliannya di area bandara. Setelah itu kami jalan kaki ke kantor Apollo untuk mengambil campervan berikutnya yang lokasinya juga di area bandara.

II. Relocation kedua, Apollo Euro Tourer 2 Berth Campervan
(Christchurch ke Auckland
)

Menggunakan Tipe campervan 2 berth dari Apollo campervan. Campervan baru dan mulus dengan kapasitas 2 tempat tidur, sink & kompor 2 tungku, single toilet (agak sempit), lengkap dengan peralatan masak dan makan.

Sebenarnya terdapat penawaran campervan 6 berth seperti yang pertama, namun karena saya penasaran ingin tau perbedaan antara kedua tipe ini (kebetulan bentuk karoseri nya juga beda total) akhirnya yang kedua ini saya pilih 2 berth. Karena terbiasa dengan campervan yang lapang sebelumnya dan kapasitas tank air yang besar kami perlu penyesuaian. Jadi lebih sering mengisi tank air, dan toiletnya sempiit banget. Namun untuk kenyamanan di dalam hampir sama dengan Britz karena kedua campervan yang kami peroleh masih baru dan termasuk perusahaan campervan terbaik di New Zealand alias bukan campervan budget.

Campervan Apollo keluaran Mercedes Benz
Campervan Apollo keluaran Mercedes Benz

Berbeda dengan THL, perusahaan Apollo ini agak perhitungan. Hampir semua perlengkapan di charge alias harus sewa.
Selain itu, pengecekan fisik mobil sangat detail dan lecet sedikit juga diperhitungkan dan diminta ganti rugi dan biayanya baru ditentukan belakangan sehingga tidak ada gambaran besarnya biaya ganti rugi. Akhirnya kami memutuskan menggunakan asuransi untuk campervan ini.

Rute :
Christchurch – Franz Josef – Hokitika – Greymouth – Nelson – Picton – Wellington – Lake Taupo – Auckland

Fasilitas free relocation Apollo campervan
– Peralatan masak dan makan
– Tiket penyebrangan ferry (Bluebridge) dari Picton ke Wellington untuk mobil dan driver senilai 173 NZD

Biaya relocation :
– Sewa free days 5 hari, 1 NZD per hari = 5 NZD
– Tambahan sewa 1 hari = 75 NZD
– Insurance 20 NZD per hari = 100 NZD
– Sewa GPS = 60 NZD
– perlengkapan tidur dan mandi (selimut, bantal, seprai dan handuk) 10 NZD per orang = 20 NZD
– Biaya driver cadangan 3 NZD per hari = 15 NZD
Total biaya relocation Apollo untuk 5 hari = 275 NZD

Biaya sewa campervan sejenis dengan periode yang sama saat itu sebesar 200 hingga 250 NZD per hari, perkiraan untuk 5 hari sebesar 1.000 NZD, ditambah biaya ferry untuk kendaraan dan driver sebesar 173 NZD yang diberikan free dari perusahaan, total biaya seharusnya yang dibayar melalui sewa 1.173 NZD. Sangat jauh dengan realisasi biaya relocation sebesar 275 NZD kan?

Berikut saya share realisasi total biaya perjalanan kami selama 10 hari menyusuri 2 pulau utama New Zealand  yaitu South Island dan North Island :
– Tiket pesawat Jkt – Auckland 2 orang Rp. 14 juta
– Tiket pesawat Auckland – Queenstown 2 orang 130 NZD
– Ibis airport auckland 130 NZD
– Biaya campervan 10 hari = 515 NZD
– Bensin/solar sekitar 500 NZD
– Belanja bahan masakan & makanan sekitar 200 NZD
– Sewa holiday park 4 x @ 30 NZD = 120 NZD
– Bayar 1 tiket ferry picton – wellington 70 NZD (mobil dan tiket driver free dari perusahaan relocation)

Total : Rp.30.650.000
Dibagi 2 orang = @Rp. 15.325.000 per orang.

Total biaya di atas bisa menjadi lebih murah jika Anda melakukan traveling dengan jumlah yang lebih banyak dan menggunakan campervan kapasitas 6 tempat tidur. Karena komponen biaya terbesar adalah untuk operasional campervan dan biaya bensin. Biaya ini bisa dishare dengan teman teman sehingga lebih hemat.
Dan juga harga tiket pesawat bisa lebih murah jika waktu Anda fleksibel, karena sebenarnya kami sempat memperoleh harga tiket 4 juta pp (termasuk bagasi) di tanggal lain, namun tidak kami ambil berhubung jadwal cuti suami tidak bisa digeser.

Satu hal lagi, biaya di atas merupakan perjalanan di periode high season ya. Hemaaat…

Penasaran ingin memastikan budget yang telah kami keluar benar benar murah atau tidak (biasaa.. emak emak habis belanja teteeup bandingkan harga😜) saya coba untuk mencek ke salah satu travel agent ternama. Hasilnya.. untuk paket tour New Zealand periode Desember 2017 dengan masa kunjungan 10 hari fasilitas hotel bintang 4 total biaya per orang Rp. 50 jutaan😱😱🙈

Loncat loncat kegirangan deh..😄

Selamat Mencoba !

 

Baca juga pengalaman perjalanan menggunakan campervan di New Zealand :

Menempuh 3.456 KM Menikmati Keindahan New Zealand

– Menyusuri Keindahan Westcoast di South Island hingga North Island (New Zealand Part 2)

Untuk mengetahui detail campervan, fasilitas apa aja yg ada di dalamnua serta cara mengemudi campervan di new zealand, silakan baca juga artikel berikut :

Serba serbi berlibur dengan campervan di New Zealand

————————–


2 thoughts on “Menikmati Sewa Gratis Campervan di New Zealand melalui Fasilitas Relocation Car

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *