Kashmir, objek wisata India yang wajib dikunjungi

Kashmir, objek wisata India yang wajib dikunjungi

Kenapa ke India ??? Ngapain ke Indiaa ???

Begitulah umumnya pertanyaan teman-teman begitu saya beritahukan rencana traveling ke India. Memang kesan miskin, kumuh dan ngga keren sangat kuat menempel di negara ini. Namun meskipun kesan negatif tersebut sangat umum bagi masyarakat Indonesia, namun realitanya India tetap dibanjiri oleh wisatawan asing dari berbagai penjuru dunia. Bahkan kota New Delhi yang kumuh dan bau tidak sedap dimana-mana, tetap banyak ditemukan berseliweran bule di setiap sudut kota, mengalahkan ramainya wisatawan asing di Jakarta.

Dibalik semua kesan negatif tadi, sebenarnya banyak bangunan peninggalan kejayaan islam yang memukau dan kota cantik yang sangat layak dikunjungi di India seperti : Taj Mahal di Agra, Qutub Minar di Delhi, Pegunungan Himalaya di Jammu & Kashmir, Alam yang indah di Ladakh, dan kota indah Rajasthan. Bagi saya pribadi, sudah menjadi impian saya untuk bisa melihat semua keindahan alam ciptaan Allah di seluruh penjuru dunia sekaligus mengunjungi bangunan-bangunan megah dan cantik peninggalan kejayaan Islam. Dan sekarang saatnya mengunjungi India.

Kunjungan kali ini, saya berkesempatan mengunjungi 3 kota/wilayah yaitu : New Delhi, Agra & Kashmir. Pada Artikel ini saya akan memulai dengan sharing perjalanan di Kashmir, objek wisata India yang wajib dikunjungi Mengunjungi Kashmir di India, sering diumpamakan orang dengan melihat surga dunia. Dan saya setuju dengan pedapat tersebut.

Jammu & Kashmir

Kashmir sangat terkenal dengan produk sulaman tangannya yang sangat halus dan berkualiatas tinggi seperti pashmina, karpet, sajadah dan lainnya. Keahlian menyulam ini konon didapatkan dari Bangsa Persia yang dulu pernah menetap di Kashmir. Hampir seluruh masyarakat Kashmir beragama Islam. Wilayah ini merupakan salah satu kota wisata utama di India yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Lal Zar Houseboat
Lal Zar Houseboat

Wilayah Kashmir hingga saat ini masih menjadi konflik kepemilikan antara India dan Pakistan. Sehingga tidak heran jika ditemukan banyak tentara India menjaga di setiap sudut kota. Pemeriksaan di perbatasan/kawasan bandara pun sangat ketat melebihi ketatnya pemeriksaan di kota Yerusalem oleh petugas Israel pada saat saya berkunjung kesana tahun 2015 lalu. Dimana sebelum memasuki kawasan bandar udara, seluruh penumpang beserta seluruh koper dan tas bawaannya diturunkan di pos pemeriksaan dan diperiksa melalui X-Ray. Setelah dinyatakan aman, kembali seluruh koper dan tas dinaikan ke kendaraan.

Namun dibalik itu semua, kunjungan ke Kashmir sangat aman, nyaman, layak dilakukan dan dijamin akan sangat memuaskan.

Dal Lake, Houseboat & Shikara

Kunjungan dimulai ke Srinagar, merasakan sensasi menginap di Houseboat di tengah Dal Lake. Untuk mencapai houseboat, kita akan diantar dengan menggunakan Shikara (perahu khas Kashmir). Terdapat banyak Houseboat berjejer di sepanjang Dal Lake. Bukan hanya sekedar penginapan, namun juga terdapat toko terapung yang menjual berbagai kerajinan Kashmir seperti pashmina, baju kashmir, topi & tas kulit dan lainnya. Biasanya para penjual akan mengunjungi Houseboat menggunakan Shikara untuk menawarkan barang dagangannya kepada tamu yang menginap.

Keindahan Dal Lake
Keindahan Dal Lake
Deretan Shikara, cantik dan unik
Deretan Shikara, cantik dan unik
Kashmiri Dress, Shikara & Dal Lake
Kashmiri Dress, Shikara & Dal Lake

Pemandangan Dal Lake dengan latar belakang pegunungan, bunga teratai di tengah danau, burung-burung yang tiada henti beterbangan serta lalu lalang shikara  melewati houseboat merupakan paduan keindahan yang sempurna dan sangat mengesankan. Alhamdulillah Kami mendapatkan kesempatan menginap selama 3 malam dan sangat puas menikmati kehidupan dan keindahan alam Kashmir. Dan kenikmatannya menjadi semakin lengkap dengan hidangan masakan kashmir yang lezat serta jamuan teh Kahwa setiap pagi dan sore oleh Mr. Rasyid Pemilik Houseboat  (Ulasan mengenai Kahwa (teh Kashmir) yang rasanya sangat fenomenal ini akan kami tulis pada artikel terpisah).

Mughal Garden

Objek wisata lainnya di Srinagar adalah Mughal Graden dengan arsitektur Persia dengan desain air mancur berjejer panjang di tengah taman yang sangat luas dan dipenuhi oleh bunga-bunga aneka warna yang cantik. Keindahan taman ini semakin lengkap dengan latar belakang pegunungan di belakang taman dan pemandangan Dal Lake di seberang taman.

Aneka bunga di Mughal Graden
Aneka bunga di Mughal Graden

Menikmati indahnya kebun tulip dengan pemandangan pegunungan Himalaya

Tulip Festival di KashmirPernahkah Anda membayangkan taman tulip luas dengan pemandangan pegunungan yang indah bisa ditemukan di Kashmir? Ya… jika ingin melihat keindahan tulip beraneka warna yang sedang mekar, Anda dapat temukan di Indira Gandhi Tulip Garden.

Sesuaikan jadwal kunjungan Anda dengan jadwal Tulip Festival. Pada tahun ini Tulip Festival diselenggarakan pada tanggal 12-14 April 2016. Sayang sekali, kunjungan kami terlewat 2 minggu sehingga tidak dapat menyaksikan keindahan tulip di Kashmir.

Tulip Festival Kashmir
Tulip Festival Kashmir
Taman tulip dengan latar belakang pegunungan Himalaya
Taman tulip dengan latar belakang pegunungan Himalaya

Menikmati salju di Pegunungan Himalaya

Tibalah puncak kunjungan yang sangat dinanti-nanti, yaitu Gulmarg yaitu kota yang dilalui pegunungan Himalaya yang sangat cantik dan paling ramai dikunjungi. Pemandangan indah pegunungan Himalaya dengan salju abadi di puncak gunung sangat mempesona, apalagi dengan adanya jejeran pohon pinus di sepanjang pegunungan.

Pegunungan Himalaya, Gulmarg
Pegunungan Himalaya, Gulmarg
Stage 1 Gondola, Gulmarg
Stage 1 Gondola, Gulmarg

Wisata yang sangat terkenal di Gulmarg adalah main ski di salju, mengendarai mobil ATV di atas salju,  menaiki puncak pegunungan Himalaya dengan Gondola ataupun sekedar menunggang kuda di kaki gunung.

Ulasan detail mengenai Gondola akan kami tulis pada artikel terpisah.

Setelah melihat paparan di atas, jika ada teman yang akan traveling ke India, masih kah Anda bertanya “Kenapa ke India ???” atau “Ngapain ke India ???”

#IncredibleIndia #BeautyNature

————————————————————-

Ternyata belajar Internet marketing dan bisnis online itu menyenangkan sekali.. Apalagi setelah bergabung di komunitas SB1M semua bisa satu milyar untuk mendapatkan income dari internet itu mudah dan ilmunya banyak sekali bisa diterapkan untuk bisnis apapun. Menariknya sudah ada kurikulum dan project-nya jadi bisa langsung belajar praktek dan menghasilkan... Tutorialnya selalu update dan ada mentornya.. huuwwwwwiiiwwww kereeeen bangeeeets..

Untuk informasi komunitas Sb1M hubungi : Sherly WA/SMS 08121034095

banner free member 300 x 250

18 thoughts on “Kashmir, objek wisata India yang wajib dikunjungi

  1. Wow panjang juga tulisannya. Komentar dari saya:
    Isinya sudah bagus, penyampaian ceritanya jg menarik dan mengalir.
    Mungkin tinggal ditambahin sub bab/heading2 gitu karena per paragraf lumayan panjang.
    Biar orang tau paragraf itu lagi nyeritain apa.
    CMIIW. Semangat

    1. Hi vhyvy. Salam kenal.. saat ini kondisi kashmir agak memanas karena lagi ada perjuangan rakyat kashmir utk melepaskan diri dari india. Utk info kashmir bisa inbox fb : farhan pala ayubpala pala. Ayub adalah guide kami sekaligus pemilik houseboat sewaktu di kashmir, orangnya baik dan helpful. Semoga bisa terwujud impiannya ke kashmir ya.. terima kasih sudah berkunjung

      1. Hi desy.. have fun di india ya. Jika mau cobain sensasi menginap di houseboat Dal Lake kashmir, bisa contact ayub salah satu pemilik houseboat dan sekaligus travel guide kami kemarin, helpful bgt. Inbox aja fb nya : Farhan pala ayubpala pala. Semoga dpt membantu utk info kondisi di kashmir ya

  2. Saya pernah kesana juga, perjalanan darat dari New delhi menuju jammu dg bus selama satu malam disambung dengan L300 ke kashmir melewati sisi gunung yang terjal selama satu hari sungguh mendebarkan. Kalau bisa perjalanannya juga di ceritakan dg foto foto agar menarik perhatian bagi yg ingin kesana hehehe…

  3. Kashmir memang indah, sangking indahnya 2 negara sampai saat ini masih memperebutkan… Semoga ini bisa terselesaikan dengan damai…

    1. Start bebas bisa dari queenstown, christchurch, auckland atau kota lainnya. Hampir seluruh bagian negeri ini indah. Jadi kita pilih rute manapun dijamin happy. Utk budget, bisa diakalindg promo air asia anniversary dll. Kemarin saya dpt 7,5 jt pp per orang. Bahkan ada yg dpt 2 jutaan pp tanpa bagasi. Maskapai lain belum nemu yg pebih murah dari ini. Utk campervan, kalo mau hemat jalan bareng ambil 6 berth (kapasitas 6 orang). Karna biaya terbesar ada di sewa campervan plus fuelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *