Masjid Saint Petersburg

Masjid Saint Petersburg

Masjid berwarna biru turquoise ini berada di salah satu jalan utama di pusat kota St Petersburg. Tidak sulit untuk menemukannya, karena dari jauh terlihat kubahnya yang khas dengan ornamen berwarna biru perpaduan desain Turki Utsmani, Moor dan Persia.

Masjid Saint Petersburg
Masjid Saint Petersburg

Mulai dibangun pada tahun 1913 dan selesai pada tahun 1921 yang didesain oleh arsitek Russia bernama Nikolai Vasilyev, dimana peletakan batu pertama dimulai pada tahun 1910 dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25 Said Abdul-Akhad Khan yang merupakan Emir di kerajaan Bukhara (Uzbekistan) yang pada saat itu merupakan bagian dari kerajaan Rusia.

Kapasitas masjid bisa menampung hingga 5.000 jama’ah, memiliki 2 minaret dengan tinggi 49 meter dan satu kubah dengan tinggi 39 meter merupakan salah satu masjid terluas di Eropa.

Bagi orang Indonesia masjid ini dikenal dengan nama Masjid Soekarno, karena sejarah diaktifkan kembali bangunan ini sebagai masjid atas andil mantan Presiden Soekarno yang saat berkunjung pada tahun 1956 meminta pemerintah Komunis Soviet yang sejak 1940 menutup seluruh rumah ibadah gereja, sinagog dan juga masjid. Hanya 10 hari setelah permintaan Soekarno, masjid ini kembali aktif digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim di Saint Petersburg.

Pada saat kunjungan kami ke sini April 2017, terlihat beberapa wisatawan dari kawasan Asia Tengah seperti Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgystan dan lainnya. Sebagian ada yang hanya berfoto di luar, sebagian kecil lainnya yang masuk ke dalam masjid untuk menyempatkan shalat di sini.

Bagian dapam Kubah Masjid

 

 

Gerbang masjid ini berada di samping jalan utama, dimana pintu masuk berada di bagian belakang gedung dijaga oleh seorang pria yang mempersilakan kami masuk dan membantu menjelaskan dalam bahasanya (sepertinya bahasa rusia) dibantu bahasa isyarat untuk membuka sepatu dan tetap menggunakan kaos kaki untuk masuk ke dalam masjid.

Foto bersama petugas masjid

Sayangnya kondisi masjid ini tidak terawat dengan baik. Suasana di bagian dalam terlihat suram, tempat berwudhu juga kurang bersih. Semoga dengan semakin berkembangnya Islam di Rusia, masjid ini bisa memperoleh perhatian yang lebih baik lagi.

sumber : wikipedia

 

 

———————–

Ternyata belajar Internet marketing dan bisnis online itu menyenangkan sekali.. Apalagi setelah bergabung di komunitas SB1M semua bisa satu milyar untuk mendapatkan income dari internet itu mudah dan ilmunya banyak sekali bisa diterapkan untuk bisnis apapun. Menariknya sudah ada kurikulum dan project-nya jadi bisa langsung belajar praktek dan menghasilkan... Tutorialnya selalu update dan ada mentornya.. huuwwwwwiiiwwww kereeeen bangeeeets..

Untuk informasi komunitas Sb1M hubungi : Sherly WA/SMS 08121034095

banner free member 300 x 250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *