Keindahan Kampung Karst Rammang Rammang Makassar

Keindahan Kampung Karst Rammang Rammang Makassar

Wisata ke Kampung Karst Rammang Rammang ini sangat layak dipertimbangkan. Pemandangan alam yang indah dengan jajaran bukit hijau, susunan batu batu kars yang terlihat unik dan indah, sawah yang terhampar luas dan tambak ikan yang terlihat asri dengan rombongan itik yang berenang dan berjalan beriringan.

Perjalanan menuju kampung karst
Perjalanan menuju kampung karst Rammang Rammang

Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang biasanya dicirikan dengan kondisi alam berbukit-bukit berbahan batu karang yang menunjukkan bahwa daerah ini pernah menjadi dasar laut, namun kemudian terangkat dan mengalami pengerasan. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Perkiraan umur dimulai sejak 470 juta tahun lalu sampai yang terbaru sekitar 700.000 tahun yang lalu (sumber : wikipedia).

Jadi tidak heran jika di sini banyak ditemukan bukit batu karang yang berlobang lobang dan juga banyak goa seperti batu karang yang sering dijumpai di lautan.

Karst di Bukit King Kong
Karst di Bukit King Kong

Cara mengunjungi tempat ini pun tergolong cukup mudah. Lokasinya berada di Kabupaten Maros, desa Selendrang. Di sebut juga dengan Kampung Kars karna banyaknya batu-batu tinggi yang tersusun unik dan indah di kampung ini. Jarak sekitar 50 km dari pusat kota Makassar bisa ditempuh dalam waktu 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Rute jalannya pun tergolong mudah untuk dilalui kendaraan. Dan hal yang paling saya sukai adalah masyarakat di sini masih sangat lugu, ramah, baik dan tidak komersil seperti di kota lain di Indonesia jika kampungnya mendadak jadi daerah wisata.

Apa saja yang bisa ditemukan di sana? Dalam perjalanan ke Kabupaten Maros, mata sudah disuguhkan hamparan sawah dengan latar belakang bukit- bukit di sepanjang perjalanan. Memasuki Desa Selendrang, hamparan sawah semakin indah karena jalanan yang menyempit sehingga jarak pandang ke sawah semakin dekat dan juga mulai terlihat susunan batu kars yang unik dan cantik.

Kumpulan Batu Karst di tengah Sawah
Kumpulan Batu Karst di tengah Sawah

Mengelilingi wilayah ini dilakukan dengan menaiki perahu dengan kapasitas 5-7 orang. Penyewaan perahu bisa dimulai melalui dermaga 1 dan dermaga 2. Kami memilih untuk mulai dari dermaga 2 dimana pemandangan menuju dermaga terlihat cantik dengan hamparan sawah yang berlatar belakang susunan batu kars berwarna hitam menjulang tinggi yang berdiri tidak beraturan. Terlihat sangat unik dan cantik, saya jadi teringat susunan batu di Stone Henge London yang berada di tengah padang rumput. Bedanya ini berada di tengah hamparan sawah dan jumlah batunya lebih banyak. Menurut saya pribadi lebih indah yang di Rammang Rammang karena lebih kaya pemandangannya.

Di dermaga 2 ini juga disediakan penyewaan topi anyaman ciri khas Sulawesi. Untuk yang mau foto lucu lucuan bisa menyewanya dengan biaya sewa Rp. 5.000.

Selama menyusuri sungai atau rawa dengan perahu, dikiri dan kanan akan disuguhi pemandangan hutan palm, batu kars dengan bentuk yang unik unik.

Spion di sungai Rammang Rammang
Spion di sungai Rammang Rammang

O ya, di sungai ini saya menemukan hal yang unik, ada beberapa kaca spion yang dipasang di beberapa tempat di pinggir sungai untuk menghindari perahu berlawanan arah bertabrakan.

Menyusuri sungai dengan perahu
Menyusuri sungai dengan perahu

Sesampai di Dermaga 3, siap-siap untuk berjalan kaki menyusuri sawah yang luas dan juga mendaki perbukitan. Saya dan keluarga menghabiskan waktu sekitar 2 jam di area ini dan cukup melelahkan. Namun kelelahan ini setimpal dengan pemandangan yang di peroleh.

Memulai petualangan dengan view indah ini😍
Memulai petualangan dengan view indah ini😍

Puncak trekking di area ini adalah Taman Batu yang berada di atas bukit batu. Trek ke atas bukit batu cukup aman, anak- anak saya yang berusia 9 tahun pun bisa melaluinya tanpa kesulitan berarti. Di atas bukit ini terdapat pondok peristirahatan dari bambu, dimana sambil beristirahat kita dapat memandang barisan bukit bukit dan hamparan sawah. Sekilas terlihat menyerupai barisan bukit di halong bay vietnam.

Sepanjang mata memandang terlihat susunan bukit bukit
Sepanjang mata memandang terlihat susunan bukit bukit
Senangnya anak anak di ajak ngebolang😁
Senangnya anak anak di ajak ngebolang😁

Setelah puas di area Dermaga 3, kami kembali menyusuri sungai dengan perahu menuju ke  Dermaga 1. Di sini kita dapat menikmati kampung batu.

Jika Anda ingin makan, tersedia restoran yang cukup besar dengan saung saung unik dari rotan di antara Dermaga 2 dan Dermaga 1. Anda bisa makan sambil menikmati.

O ya, tanah di wilayah Rammang Rammang ini merupakan milik warga bukan pemerintah daerah, dan pengelolaan wisata nya pun dilakukan swadaya oleh warga setempat. Pada saat mengunjungi bukit kingkong di Dermaga 3, dan Taman Batu di Dermaga 1, pemilik tanah akan mendampingi kita dengan suka rela. Jika boleh saya sarankan, jangan lupa memberikan uang seikhlas nya buat mereka ya. Pengalaman saya, mereka menyambut kami dengan baik namun tidak meminta bayaran. Saat kami beri uang, muka mereka terlihat senang sekali. Kamipun juga sangat senang dan puas dengan pemandangan yang kami peroleh di tanah milik mereka.

Batu Karst dengan berbagai macam bentuk dan tinggi
Batu Karst dengan berbagai macam bentuk dan tinggi

Jika datang pagi ke Rammang Rammang, Anda masih memiliki waktu untuk melanjutkan ke objek wisata air terjun Bantimurung yang berlokasi sekitar 15 km atau sekitar 30 menit perjalanan. Untuk gambaran objek wisatanya bisa di lihat di artikel Melihat keindahan tersembunyi air terjun Bantimurung

Perkiraan Biaya

Berapa biaya untuk mengunjungi wilayah ini ?
– sewa mobil plus supir selama 12 jam sebesar Rp. 300 ribu, cukup untuk mengunjungi objek wisata Rammang Rammang dan air terjun Bantimurung. Sewa bisa melalui perusahaan rental ataupun supir uber/grab yang ada di Makassar. Tarif relatif sama.
– Bensin Rp. 100.000
– Sewa perahu untuk 1-4 orang Rp. 200.000 ( untuk 5-7 orang dikenakan sewa Rp. 250.000
– Biaya masuk di dermaga 3 untuk menuju taman batu, goa kelelawar, bukit kingkong, dll sebesar Rp.3.000 per orang

Buat yang belum punya info rental mobil, berikut Rekomendasi yang bisa digunakan sebagai alternatif :
1. Supir Uber : Mas Anggiat 0853 97791290
2. Rental Car dekat bandara : Pak Yusuf 0811-412-237

Untuk penginapan murah meriah di dekat pantai losari kemarin saya coba menggunakan Aerotel Smile Makassar. Hotel bintang 3 dengan tarif Rp.300 ribuan dari Booking.com untuk kamar superior, king size double bed. Perabotan agak tua, tapi kamar dan toilet bersih. Kamar berada di lantai 10 dengan pemandangan jendela ke kota dan pelabuhan.

Rekomendasi hotel murah di pantai Losari Makassar
Rekomendasi hotel murah di pantai Losari Makassar

—————————————————

Ternyata belajar Internet marketing dan bisnis online itu menyenangkan sekali.. Apalagi setelah bergabung di komunitas SB1M semua bisa satu milyar untuk mendapatkan income dari internet itu mudah dan ilmunya banyak sekali bisa diterapkan untuk bisnis apapun. Menariknya sudah ada kurikulum dan project-nya jadi bisa langsung belajar praktek dan menghasilkan... Tutorialnya selalu update dan ada mentornya.. huuwwwwwiiiwwww kereeeen bangeeeets..

Untuk informasi komunitas Sb1M hubungi : Sherly WA/SMS 08121034095

banner free member 300 x 250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *